Leny, Puspitasari (2014) KONTRIBUSI PEKERJAAN RUMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS VA SD NEGERI GIWANGAN YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.
|
Text
skripsi_pgsd_leny_puspitasari_10108241067_uny.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi nilai pekerjaan rumah terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas V di SD Negeri Giwangan Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V berjumlah 66 siswa, dan sampel ditentukan menggunakan teknik purposive sampling yang kemudian diambil kelas VA, dengan jumlah 32 siswa. Pengumpulan data variabel pekerjaan rumah menggunakan dokumentasi berupa rekapitulasi nilai pekerjan rumah yang dilakukan oleh guru. Sementara varibel prestasi belajar menggunakan data nilai rapor siswa semester 2 tahun ajaran 2013/2014. Instrumen yang digunakan adalah dokumentasi. Pengujian hipotesis dengan analisis korelasi, yang sebelumnya dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas dan uji linieritas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kontribusi pekerjaan rumah dengan prestasi belajar IPS siswa kelas VA SD Negeri Giwangan Yogyakarta, yang dibuktikan dengan koefisien korelasi rhitung > r tabel (0,681 > 0,439) dengan koefisien determinan 0,463 (46,3%). Sementara itu, 53,7% merupakan kontribusi dari faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, yaitu: (a) nilai ulangan harian, (b) nilai ulangan tengah semester, (b) nilai ulangan semester. Kata kunci: kontribusi, pekerjaan rumah, prestasi belajar IPS
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan IPS Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 06 Apr 2015 03:09 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 19:39 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14306 |
Actions (login required)
View Item |