PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DAN MENGGUNAKAN METODE CERAMAH SISWA KELAS V SD N TULUSREJO DAN SD N KALIREJO, GRABAG, PURWOREJO

Linda, Marsella (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DAN MENGGUNAKAN METODE CERAMAH SISWA KELAS V SD N TULUSREJO DAN SD N KALIREJO, GRABAG, PURWOREJO. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Linda Marsella 10108244016.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar Matematika yang signifikan antara penerapan pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematics Education dan dengan metode ceramah pada siswa kelas V SD N Tulusrejo dan SD N Kalirejo, Grabag, Purworejo. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimen. Sampel penelitian dipilih dengan teknik purposive random sampling. Siswa kelas V SD N Tulusrejo sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V SD N Kalirejo sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes dan lembar observasi. Teknik analisis data terdiri dari teknik pengujian prasyarat analisis dan pengujian hipotesis. Teknik pengujian prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan homogenitas, sedangkan teknik pengujian hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan hasil belajar Matematika pada materi sifat-sifat bangun datar antara penerapan pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematics Education dan dengan metode ceramah pada siswa kelas V SD N Tulusrejo dan SD N Kalirejo, Grabag, Purworejo. Hal tersebut dibuktikan dari hasil analisis t-test yang pada taraf signifikansi 5% (tingkat kepercayaan 95%) diperoleh thitung = 1,972 untuk hasil belajar. Nilai thitung selanjutnya dibandingkan dengan nilai ttabel. Nilai thitung= 1,972 < ttabel = 2,048, sehingga dapat disimpulkan bahwa perbedaan yang ada adalah tidak signifikan karena thitung < ttabel. Kelompok eksperimen memperoleh nilai post test lebih baik dibandingkan kelompok kontrol yaitu nilai rata-rata post test kelompok eksperimen 67,94 dan nilai rata-rata post test kelompok kontrol 59,61. Kata Kunci: perbedaan hasil belajar, pendekatan Realistic Mathematics Education, metode ceramah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 02:59
Last Modified: 29 Jan 2019 19:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14302

Actions (login required)

View Item View Item