PROGRAM FULL DAY SCHOOL DALAM PENGEMBANGAN KEMANDIRIAN SISWA KELAS IV DI SDIT INSAN UTAMA BANTUL TAHUN AJARAN 2013/2014

Annisa Nurul, Azizah (2014) PROGRAM FULL DAY SCHOOL DALAM PENGEMBANGAN KEMANDIRIAN SISWA KELAS IV DI SDIT INSAN UTAMA BANTUL TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_ANNISA N. A.10108241098.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan program full day school dalam pengembangan kemandirian siswa kelas IV di SDIT Insan Utama Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian guru kelas IV, siswa kelas IV, wakasek kurikulum, wakasek kesiswaan, guru ekstrakurikuler, dan kepala sekolah. Peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi, display data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dengan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pengembangan kemandirian siswa kelas IV SDIT Insan Utama Bantul tahun ajaran 2013/2014 dalam Pramuka dilakukan melalui kegiatan ekstrakurikuler setiap hari Jumat dan Persami dimana anak diharuskan belajar mandiri dengan melakukan semua kegiatan sendiri, mulai dari pendirian tenda, melipat pakaian, mencuci tempat minum, membersihkan tenda, menyiapkan semua peralatan yang dibutuhkan sendiri. Kegiatan market day dilakukan siswa dengan berjualan makanan mulai dari menyiapkan lapak, menata barang dagangannya, menawarkannya ke teman-teman, serta membereskan lapaknya. Program mutaba’ahyaumiah melatih siswa untuk terbiasa merapikan tempat tidurnya, menyiapkan perlengkapan sekolah, mencuci peralatan makan dan minum sendiri dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan lembar kontrol kegiatan dari sekolah. Kegiatan intrakurikuler yang terintegrasi melalui mata pelajaran dan muatan lokal dalam pengembangan kemandirian siswa dilaksanakan melalui tugas mandiri yang dikerjakan siswa tanpa meminta bantuan dari teman, diskusi dimana siswa saling berpendapat untuk memecahkan persoalan yang diberikan oleh guru, dan eksperimen melalui percobaan yang dialami dan dibuktikan sendiri terkait persoalan yang diberikan oleh guru. Kata kunci: full day school, pengembangan kemandirian

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 02:55
Last Modified: 29 Jan 2019 19:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14297

Actions (login required)

View Item View Item