PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES IPA MELALUI METODE GUIDED DISCOVERY PADA SISWA KELAS VB SDN MARGOYASAN YOGYAKARTA

Nur, Hikmah (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES IPA MELALUI METODE GUIDED DISCOVERY PADA SISWA KELAS VB SDN MARGOYASAN YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (671kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (104kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses IPA pada siswa kelas VB SDN Margoyasan melalui metode guided discovery. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model yang dikembangkan oleh Kemmis & Mc Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas VB SDN Margoyasan dengan jumlah 22 peserta didik, terdiri dari 8 siswa putra dan 14 siswa putri. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan & observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses IPA siswa meningkat setelah diberi tindakan pembelajaran menggunakan metode guided discovery. Rata-rata keterampilan proses IPA pada siklus pertama sebesar 64,95% meningkat menjadi 77,65% pada siklus kedua. Jumlah siswa yang memiliki keterampilan proses IPA dengan kriteria tinggi mengalami peningkatan, yaitu pada siklus pertama sebanyak 8 siswa (36,36%) menjadi 17 siswa (77,27%) pada siklus kedua. Peningkatan keterampilan proses IPA tersebut diperoleh melalui penerapan metode guided discovery, yang meliputi langkah pendahuluan, merumuskan masalah, mengajukan hipotesis, mengumpulkan data, mengolah data dan penutup. Bimbingan guru kepada siswa pada langkah mengumpulkan dan mengolah data lebih maksimal, diantaranya yaitu pembentukkan kelompok yang lebih efektif di mana setiap kelompok terdiri dari 2 sampai 3 siswa, pemberian kesempatan kepada siswa untuk mencermati langkah-langkah kegiatan dalam LKS, pemberian batasan waktu pengumpulan dan pengolahan data secara kelompok, dan pemberian penghargaan kepada siswa. Kata kunci: keterampilan proses IPA, metode guided discovery

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 02:47
Last Modified: 29 Jan 2019 19:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14291

Actions (login required)

View Item View Item