IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA KELAS IV DI SD NEGERI I MANYARAN, WONOGIRI

Annisa Nadya Amalia, Ichsani (2014) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA KELAS IV DI SD NEGERI I MANYARAN, WONOGIRI. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Annisa Nadya Amalia Ichsani.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan scientific pada kelas IV di SD Negeri I Manyaran, Wonogiri, yang dilakukan oleh guru kelas IV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan sumber data dalam penelitian ini adalah guru kelas IV di SD Negeri I Manyaran, Wonogiri, proses pembelajaran dengan pendekatan scientific, serta dokumen-dokumen. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi tak berstruktur dan observasi terstruktur, wawancara tidak berstruktur, serta dokumentasi. Instrumen utama dalam penelitian kualitatif deskriptif adalah peneliti dengan menggunakan alat bantu berupa pedoman observasi, serta angket terbuka. Adapun analisis data yang digunakan adalah model interaktif Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi metode dengan membandingkan hasil dari observasi, wawancara, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penyusunan RPP guru terlebih dahulu mengelompokkan materi sesuai dengan aspek keterampilan ilmiah yang akan dilatihkan pada siswa dan model pembelajaran yang dipilih guru guna menunjang pembelajaran dengan pendekatan scientific adalah model pembelajaran Problem Based Learning. Adapun pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan scientific sudah berjalan pada kelas IV di SD Negeri I Manyaran, Wonogiri. Setiap pembelajaran dengan pendekatan scientific guru selalu berusaha untuk melatihkan keterampilan ilmiah yang terdapat dalam setiap kegiatan. Pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan scientific yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning mampu membantu siswa dalam menyerap materi yang diajarkan oleh guru. Penggunaan penilaian pun sudah menggunakan penilaian autentik yang berupa penilaian kinerja, penilaian tertulis, serta ditambah penilaian sikap. Akan tetapi dalam pelaksanannya masih terdapat kendala, yaitu guru merasa alokasi waktu yang ada dianggap kurang cukup dalam mencapai keberhasilan siswa dalam setiap tema yang diajarkan. Hal inidikarenakan kemampuan siswa masing-masing berbeda. Kata kunci: pendekatan scientific, kelas IV, sekolah dasar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 02:53
Last Modified: 29 Jan 2019 19:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14288

Actions (login required)

View Item View Item