UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V MELALUI INKUIRI TERBIMBING PADA MATA PELAJARAN IPA DI SD N PUNUKAN, WATES, KULON PROGO TAHUN AJARAN 2013/2014

Nur Indah, Saputri (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V MELALUI INKUIRI TERBIMBING PADA MATA PELAJARAN IPA DI SD N PUNUKAN, WATES, KULON PROGO TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NUR INDAH SAPUTRI 10108244010.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode inkuiri terbmbing yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V pada mata pelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya di SD N Punukan, Wates, Kulon Progo Tahun Ajaran 2013/2014. Pendekatan yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode inkuiri terbimbing dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya rata-rata skor kemampuan berpikir kritis siswa yang pada kondisi awal 54,67 dan setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan inkuiri terbimbing pada siklus I rata-rata skor kemampuan berpikir kritis siswa mencapai angka 71,5 yang artinya terjadi peningkatan sebesar 16,83 persen. Setelah dilakukan perbaikan oleh guru pada tahap mengajukan pertanyaan pertanyaan yang berkaitan dengan materi dengan cara meningkatkan keterampilan bertanya dan membina suasan responsif dalam apersepsi, kemudian pada tahap melakukan eksperimen sederhana untuk menguji hipotesis berupa meningkatkan perhatian guru terhadap siswa, jumlah anggota kelompok yang disesuaikan, memberikan tugas tambahan pada anak yang hiperaktif dan memberikan bimbingan dengan membacakan satu persatu langkah percobaan serta perbaikan pada dalam tahap analisis data, dimana guru memberikan kalimat penuntun pada kolom jawaban siswa yang terdapat dalam LKS, serta guru meluruskan jawaban siswa dengan menampilkan bukti-bukti pada tahap menarik kesimpulan, skor kemampuan berpikir kritis siswa meningkat 6,33 persen sehingga pada siklus II mencapai angka 77,83 dan masuk dalam kategori baik. Kata kunci : Kemampuan Berpikir Kritis, Inkuiri Terbimbing.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Aspek Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 02:50
Last Modified: 29 Jan 2019 19:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14286

Actions (login required)

View Item View Item