PENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION SISWA KELAS IV SD NEGERI II PASUNGGINGAN, PENGADEGAN, PURBALINGGA

Gita Septian Galih, Pradani (2014) PENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION SISWA KELAS IV SD NEGERI II PASUNGGINGAN, PENGADEGAN, PURBALINGGA. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Gita Septian Galih Pradani_NIM 10108244003.pdf

Download (91MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan proses pembelajaran membaca pemahaman menggunakan metode CIRC pada siswa kelas IV SD Negeri II Pasunggingan, dan (2) meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SD N II Pasunggingan melalui metode cooperative integrated reading and composition (CIRC). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Desain penelitian menggunakan model Kemmis & McTaggart. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus, setiap siklus melalui empat tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri II Pasunggingan yang berjumlah 16 siswa yang terdiri dari 10 siswa putri dan 6 siswa putra dan objek penelitian ini adalah kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SD N II Pasunggingan. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi guru dan siswa serta tes membaca pemahaman. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes membaca pemahaman berbentuk soal pilihan ganda. Data kuantitatif dianalisis dengan statistik deskriptif yaitu dengan menghitung persentase KKM dan data kualitatif dianalisis dengan mendeskripsikan hasil dari observasi dari kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) proses pembelajaran menggunakan metode CIRC meningkat pada prasiklus sebagian besar siswa masih pasif saat pembelajaran, pada siklus I siswa sudah cukup aktif dalam kelompok membaca meskipun ada dominasi dari siswa yang pandai, pada siklus II dominasi dari siswa pandai sudah jarang terlihat dan siswa lebih rajin mencatat kosa kata baru dan memahami maknanya, (2) kemampuan membaca pemahaman siswa SD Negeri II Pasunggingan dalam pembelajaran membaca pemahaman meningkat sebesar 43,75% (kondisi awal siswa yang tuntas KKM 37,5% meningkat menjadi 81,25% pada siklus ke II). Kata kunci: kemampuan membaca pemahaman, metode CIRC

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 02:48
Last Modified: 29 Jan 2019 19:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14284

Actions (login required)

View Item View Item