Evaluasi Sarana dan Prasarana Bengkel Praktik SMK Teknik Pemesinan di Kota Semarang berdasarkan Kebutuhan Kurikulum

Sudiyono, Sudiyono (2015) Evaluasi Sarana dan Prasarana Bengkel Praktik SMK Teknik Pemesinan di Kota Semarang berdasarkan Kebutuhan Kurikulum. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sudiyono-12702251034.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: kondisi sarana dan prasarana bengkel praktik SMK teknik pemesinan di Kota Semarang berdasarkan persepsi guru pengampu dan tool men, tingkat kesesuaian sarana dan prasarana bengkel praktik SMK Teknik Pemesinan di Kota Semarang berdasarkan standar minimal Permendiknas Nomor 40 tahun 2008, dan tingkat kecukupan sarana dan prasarana bengkel praktik SMK Teknik Pemesinan di Kota Semarang berdasarkan kebutuhan kurikulum yang dipergunakan oleh sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan model evaluasi diskrepansi. Pendekatan yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dengan analisis persentase. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SMK di kota Semarang yang memiliki program studi Teknik Pemesinan. Objek penelitian ini adalah sarana dan prasarana praktik yang terdapat di bengkel praktik Teknik Pemesinan sedangkan respondennya adalah guru pengampu dan tool men di bengkel praktik teknik pemesinan. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis dokumen, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:: (1) Kondisi sarana dan prasarana bengkel praktik SMK Teknik Pemesinan di Kota Semarang menurut persepsi guru pengampu dan tool men sudah dinyatakan layak baik pada sekolah negeri maupun sekolah swasta, (2) Prasarana pada sekolah negeri sesuai dengan standar minimal, sedangkan pada sekolah swasta cukup sesuai, (3) Sarana pada sekolah negeri sangat sesuai dengan standar minimal, sedangkan pada sekolah swasta sesuai standar, (4) Prasarana pada sekolah negeri cukup memenuhi kebutuhan kurikulum, sedangkan pada sekolah swasta kurang memenuhi, (5) Sarana pada sekolah negeri cukup memenuhi kebutuhan kurikulum, sedangkan pada sekolah swasta kurang memenuhi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, sarana, prasarana, bengkel praktik, teknik pemesinan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Apr 2015 00:48
Last Modified: 13 Sep 2022 02:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14278

Actions (login required)

View Item View Item