Penyusunan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Rural Tourism Desa Wisata Pentingsari Cangkringan untuk Meningkatkan High Order Thinking Skills (HOTS) dan Menanamkan Life Skills

Pamungkas, Sekar jati (2015) Penyusunan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Rural Tourism Desa Wisata Pentingsari Cangkringan untuk Meningkatkan High Order Thinking Skills (HOTS) dan Menanamkan Life Skills. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sekar-jati-pamungkas-12708251016.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan perangkat rural tourism yang layak digunakan untuk pembelajaran biologi dilihat dari aspek materi/ isi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafisan. (2) mengetahui pengaruh penerapan produk perangkat rural tourism dalam meningkatkan high order thinking skills, (3) mengetahui kualitas penerapan produk perangkat rural tourism dalam menanamkan life skills. (4) mengetahui kelayakan dan kesesuaian Perangkat kegiatan rural tourism dengan prinsip-prinsip rural tourism dalam proses pembelajaran. Penelitian pengembangan perangkat rural tourism ini menggunakan model 4-D (define, design, develop, dan disseminate) yang dikemukakan oleh Thiagarajan. Validasi produk dilakukan oleh dua dosen ahli, dua guru biologi SMA, dua pengelola wisata, dan lima peer reviewer. Penelitian dilakukan di Desa Wisata Pentingsari dengan subjek uji coba terbatas yaitu peserta didik kelas X MIA SMA Muhammadiyah Pakem dan subjek uji coba lapangan/ luas yaitu siswa kelas X MIA 1 SMA N 1 Cangkringan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data berupa lembar observasi, soal pre-test dan soal post-test, serta pedoman penulisan dan penilaian laporan. Data hasil validasi dikonversi menjadi skala 5. Data ketercapaian high order thinking skills dianalisis dengan statistik deskriptif serta dengan menentukan gain standar dan size effect. Data ketercapaian life skills diukur melalui pengamatan/ observasi, berdasarkan penilaian tersebut dikonversikan menjadi persentase. Data kelayakan dan kesesuaian dengan prinsip-prinsip rural tourism dianalisis dengan statistik deskriptif untuk menentukan persentase kelayakan dan kesesuaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perangkat rural tourism yang disusun layak digunakan untuk pembelajaran biologi dilihat dari aspek materi/ isi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafisan oleh dosen ahli, praktisi, dan peer reviewer, (2) pengaruh penerapan perangkat rural tourism yang disusun mampu meningkatkan high order thinking skills yang ditunjukkan dari gain standar, uji coba terbatas yang diperoleh sebesar 0,72 (kategori tinggi) dan effect size 2,85 serta pada uji coba luas diperoleh gain standar sebesar 0,7 (kategori tinggi) dan effect size 3,94, (3) kualitas penerapan perangkat rural tourism yang disusun mampu menanamkan life skills, pada uji coba terbatas menunjukkan 76,04% dan pada uji coba luas 85%, hal ini berarti siswa memiliki kecakapan hidup (Life Skills) yang sangat baik, (4) perangkat rural tourism 100% dinyatakan layak dan sesuai dengan prinsip-prinsip rural tourism.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat, Rural Tourism, HOTS, dan life skills
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Apr 2015 00:48
Last Modified: 09 May 2019 02:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14268

Actions (login required)

View Item View Item