PENGARUH PENERAPAN BCQ (BRIEF CHEMISTRY QUIZ) TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SEMESTER GASAL DI SMA N 2 BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Indahsari, Diani Nur (2014) PENGARUH PENERAPAN BCQ (BRIEF CHEMISTRY QUIZ) TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SEMESTER GASAL DI SMA N 2 BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
[10303241011]Diani Nur Indahsari.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan: (1) motivasi belajar kimia antara siswa yang diberikan penerapan BCQ dengan siswa yang tidak diberikan penerapan BCQ, (2) motivasi belajar kimia sebelum dan sesudah pembelajaran antara siswa yang diberikan penerapan BCQ dengan motivasi belajar kimia sebelum dan sesudah pembelajaran pada siswa yang tidak diberikan penerapan BCQ, dan (3) prestasi belajar kimia antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan diberikan penerapan BCQ dengan siswa yang tidak diberikan penerapan BCQ jika pengetahuan awal dikendalikan secara statistik pada kelas X semester gasal di SMA N 2 Bantul. Desain penelitian berupa penelitian satu faktor, dua sampel, dan satu kovariabel. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA N 2 Bantul. Teknik pengambilan data dilakukan secara purposive sampling. Data motivasi awal dan akhir didapat dari angket motivasi awal dan akhir. Data prestasi belajar siswa didapat dari nilai ulangan harian. Hasil penelitian uji-t sama subjek untuk motivasi awal-akhir baik kelas kontrol maupun eksperimen menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan. Hasil uji-t beda subjek untuk motivasi awal antara kelas A1 dan A2 menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan, namun untuk motivasi akhir antara kelas A1 dan A2 ada perbedaan yang signifikan. Motivasi akhir kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hasil prestasi belajar siswa antara kelas A1 dan A2 menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan. Kesimpulan penelitian ini yaitu: (1) ada perbedaan motivasi belajar kimia antara siswa yang diberikan penerapan BCQ dengan siswa yang tidak diberikan penerapan BCQ, (2) tidak ada perbedaan motivasi belajar kimia sebelum pembelajaran antara siswa yang diberikan penerapan BCQ dengan siswa yang tidak diberikan penerapan BCQ namun ada perbedaan motivasi belajar kimia sesudah pembelajaran antara siswa yang diberikan penerapan BCQ dengan siswa yang tidak diberikan penerapan BCQ, dan (3) tidak ada perbedaan prestasi belajar kimia antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan diberikan penerapan BCQ dengan siswa yang tidak diberikan penerapan BCQ jika pengetahuan awal dikendalikan secara statistik pada kelas X semester gasal di SMA N 2 Bantul.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 26 Mar 2015 05:58
Last Modified: 29 Jan 2019 19:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14263

Actions (login required)

View Item View Item