PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGUKURAN (MEASUREMENT) MELALUI PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING PADA SISWA KELOMPOK B2TK SURYODININGRATAN MANTRIJERON YOGYAKARTA

Nur Hanifah, Herowati (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGUKURAN (MEASUREMENT) MELALUI PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING PADA SISWA KELOMPOK B2TK SURYODININGRATAN MANTRIJERON YOGYAKARTA. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengukuran (measurement) anak kelompok B2 melalui pendekatan inkuiri terbimbing di TK Suryodiningratan Mantrijeron Yogyakarta. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dalam penelitian ini anak usia dini 5-6 tahun yang tergabung dalam kelompok B2 yang berjumlah 23 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan observasi dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pengukuran anak kelompok B2 setelah diberi tindakan berupa kegiatan pengukuran dengan menggunakan pendekatan inkuiri terbimbing. Peningkatan kemampuan pengukuran panjang mengalami kenaikan sebesar 27% dengan nilai rata-rata mencapai 8,5. Kemampuan pengukuran massa mengalami kenaikan sebesar 28% dengan nilai rata-rata mencapai 8,1. Kemampuan pengukuran volume mengalami kenaikan sebesar 26% dengan nilai rata-rata mencapai 8,3. Dengan hasil tersebut maka pendekatan inkuiri terbimbing dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan pengukuran anak. Kata kunci: kemampuan pengukuran, pendekatan inkuiri terbimbing, anak kelompok B2

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 02 Jul 2015 00:38
Last Modified: 29 Jan 2019 19:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14258

Actions (login required)

View Item View Item