IMPLEMENTASI METODE INKUIRI TERBIMBING MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN GONDANGSARI I KECAMATAN PAKIS KABUPATEN MAGELANG

Taofik, - (2014) IMPLEMENTASI METODE INKUIRI TERBIMBING MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN GONDANGSARI I KECAMATAN PAKIS KABUPATEN MAGELANG. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI TAOFIK.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode inkuiri terbimbing pada mata pelajaran IPA kelas V di SDN Gondangsari 1, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang dilakukan pada kondisi natural. Subjek penelitian adalah guru kelas V dan siswa kelas V yang berjumlah 29 siswa terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret-April 2014 di SDN Gondangsari 1. Penelitian dilaksanakan selama delapan pertemuan pembelajaran IPA. Data penelitian diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk mendapatkan data keterlaksanaan metode inkuiri pada pembelajaran IPA, wawancara digunakan untuk mendapatkan data kegiatan guru dalam perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan hambatan-hambatan dan dokumentasi digunakan untuk mendapatkan bukti implementasi metode inkuiri terbimbing pada pembelajaran IPA. Proses analisis data dimulai dari menelaah seluruh data hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah itu dilanjutkan dengan mereduksi data dan verifikasi untuk mengambil kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi data. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah menggunakan metode inkuiri terbimbing dalam melaksanakan pelajaran IPA. Pada tahap perencanaan, guru menyiapkan silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kerja siswa dan media pembelajaran. Metode inkuiri terbimbing yang dilaksanakan guru meliputi langkah-langkah (1) Orientasi, (2) Merumuskan masalah (3) Mengajukan hipotesis, (4) Menguji hipotesis, (5) Menarik kesimpulan. Evaluasi yang digunakan guru sejauh ini dengan tes untuk mengukur kemampuan kognitif siswa. Hambatan pembelajaran yaitu guru harus banyak memberikan pengarahan dan penjelasan jika siswa tidak paham dalam menguji hipotesis dan menarik kesimpulan sehingga mengurangi waktu efektif pembelajaran. Kata kunci: metode inkuiri terbimbing, penelitian kualitatif deskriptif

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 02:36
Last Modified: 29 Jan 2019 19:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14257

Actions (login required)

View Item View Item