PERBANDINGAN PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN AKTIF LISTENING TEAM (LT) DAN EVERYONE IS A TEACHER HERE (ETH) TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK MAN YOGYAKARTA 1 KELAS X SEMESTER II TAHUN AJARAN 2013/2014

Sya’diyah, Halimatus (2014) PERBANDINGAN PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN AKTIF LISTENING TEAM (LT) DAN EVERYONE IS A TEACHER HERE (ETH) TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK MAN YOGYAKARTA 1 KELAS X SEMESTER II TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
[10314244021]Halimatus Sya’diyah.pdf

Download (147kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya: (1) peningkatan motivasi belajar kimia peserta didik sesudah mengikuti pembelajaran menggunakan metode pembelajaran aktif LT dan ETH, (2) perbedaan motivasi belajar kimia peserta didik sesudah mengikuti pembelajaran menggunakan metode pembelajaran aktif LT dengan ETH, (3) perbedaan prestasi belajar kimia peserta didik sesudah mengikuti pembelajaran menggunakan metode pembelajaran aktif LT dengan ETH pada materi reaksi redoks. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Populasi penelitian ini adalah peserta didik MAN Yogyakarta 1 kelas X semester II 2013/2014. Sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelas yakni kelas LT (A1) dan kelas ETH (A2) dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian adalah data nilai ulangan umum kimia kelas X semester I, RPP, lembar observasi peserta didik, angket motivasi belajar, dan soal prestasi belajar. Teknik analisis data adalah uji prasyarat hipotesis: uji normalitas dan uji homogenitas, serta uji hipotesis: uji-t sama subjek, uji-t beda subjek, dan uji anakova satu jalur. Hasil pada penelitian ini adalah: (1) tidak ada peningkatan motivasi belajar kimia peserta didik sesudah mengikuti pembelajaran menggunakan metode pembelajaran aktif LT, (2) adanya peningkatan motivasi belajar kimia peserta didik sesudah mengikuti pembelajaran menggunakan metode pembelajaran aktif ETH, (3) tidak ada perbedaan motivasi belajar kimia peserta didik sesudah mengikuti pembelajaran menggunakan metode pembelajaran aktif LT dengan ETH, (4) ada perbedaan prestasi belajar kimia peserta didik sesudah mengikuti proses pembelajaran menggunakan metode pembelajaran aktif LT dengan ETH pada materi reaksi redoks.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 26 Mar 2015 05:57
Last Modified: 29 Jan 2019 19:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14254

Actions (login required)

View Item View Item