Pengembangan Instrumen Authentic Assessment Bebasis Performance untuk Mengukur Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Aspek Kognitif

Kurniawati, Atin (2015) Pengembangan Instrumen Authentic Assessment Bebasis Performance untuk Mengukur Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Aspek Kognitif. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak-atin-kurniawati.pdf

Download (134kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) menguji kualitas instrumen authentic assessment berbasis performance yang telah dikembangkan untuk mengukur keterampilan proses sains dan hasil belajar belajar peserta didik dalam pembelajaran fisika materi suhu kalor, dan (2) mengetahui apakah penggunaan instrumen authentic assessment berbasis performance yang telah dikembangkan dapat membangun keterampilan proses sains peserta didik SMA/MA, (3) mengetahui apakah penggunaan instrumen authentic assessment berbasis performance yang telah dikembangkan dapat mengukur hasil belajar aspek kognitif peserta didik SMA/MA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R & G (Research & Development) dengan pendekatan yang diadaptasi dari model Borg and Gall, yaitu (1) pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan bentuk awal produk, (4) ujicoba terbatas, (5) revisi produk utama, (6) ujicoba luas, (7) revisi produk terhadap uji luas dan (8) diseminasi. Subjek uji coba terbatas adalah 15 siswa kelas X MAN Yogyakarta III, sedangkan subjek uji coba diperluas adalah 31 siswakelas XA MAN Yogyakarta III. Data dikumpulkan melalui observasi, tes dan angket. Aspek yang diteliti adalah kemampuan keterampilan proses sains dan kemampuan hasil belajar aspek kognitif. Uji coba luas menggunakan desain One - shot Case Study. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Kualitas instrumen yang dikembangkan menurut penilaian dosen ahli, guru fisika, teman sejawat secara umum valid dan pada uji terbatas serta uji luas secara umum valid dan reliabel. (2) Instrumen authentic assessment berbasis performance materi suhu kalor untuk peserta didik SMA/MA ini mampu membangun keterampilan proses sains. (3) Instrumen authentic assessment berbasis performance materi suhu kalor untuk peserta didik SMA/MA mampu mengukur hasil belajar aspek kognitif.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: authentic assessment, performance, keterampilan proses sains, hasil belajar aspek kognitif
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Apr 2015 00:48
Last Modified: 09 May 2019 01:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14251

Actions (login required)

View Item View Item