PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE TUTOR SEBAYA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 1 GRANTING KABUPATEN KLATEN

Agung, Santika (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE TUTOR SEBAYA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 1 GRANTING KABUPATEN KLATEN. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
agung santika 10108244045.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika menggunakan metode tutor sebaya siswa kelas V SD Negeri 1 Granting Kabupaten Klaten. Pada mata pelajaran matematika siswa kelas V belum bisa mencapai KKM yang telah ditentukan oleh guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas berkolaborasi dengan guru kelas V SD Negeri 1 Granting Kabupaten Klaten. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 1 Granting Kabupaten Klaten yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tes evaluasi dan observasi selama proses pembelajaran berlangsung. Validitas instrumen menggunakan expert judgment. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kwalitatif untuk memaparkan lembar observasi dan kuantitatif untuk memaparkan hasil nilai yang diperoleh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan menerapkan pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD N 1 Granting Kabupaten Klaten. Peningkatan hasil belajar siswa terjadi setelah melaksanakan metode tutor sebaya yaitu, siswa yang pandai membantu siswa yang kurang pandai untuk memahami pelajaran matematika. Hasil belajar matematika mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Presentase ketuntasan hasil belajar siswa meningkat dari 50,00% menjadi 83,33%. Siswa yang kurang berpartisipasi dalam kelompok didekati oleh guru dan diarahkan agar bertanya kepada tutor atau menanggapi pernyataan tutor sehingga seluruh siswa bisa memahami materinya. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V sekolah dasar. Kata kunci: Matematika, Tutor Sebaya, siswa Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 02:08
Last Modified: 07 Sep 2015 03:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14249

Actions (login required)

View Item View Item