Penyusunan Perangkat Pelaksanaan Edutourism Kebun Koleksi Salak Nusantara untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Penguasaan Konsep Peserta Didik Kelas X SMA

Arini, Ida dwi (2015) Penyusunan Perangkat Pelaksanaan Edutourism Kebun Koleksi Salak Nusantara untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Penguasaan Konsep Peserta Didik Kelas X SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ida-dwi-arini-12708251054.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan Perangkat Pelaksanaan Edutourism Kebun Koleksi Salak Nusantara yang layak untuk pembelajaran biologi, (2) mengetahui keterlaksanaan kegiatan edutourism dengan menggunakan produk yang telah dikembangkan, dan (3) mengetahui keefektifan produk bagi peningkatan motivasi belajar dan peningkatan penguasaan konsep peserta didik. Penelitian pengembangan Perangkat Pelaksanaan Edutourism ini menggunakan model 4-D (define, design, develop, dan disseminate) yang dikemukakan oleh Thiagarajan. Validasi produk dilakukan oleh dua dosen ahli, tiga guru biologi SMA, dua pengelola wisata, dan tiga peer reviewer. Penelitian dilakukan di Kebun Koleksi Salak Nusantara dengan subjek uji coba terbatas yaitu peserta didik kelas X MIA 1 MAN Pakem dan subjek uji coba lapangan yaitu peserta didik kelas X MIA 1 SMA N 1 Turi sebagai kelas kontrol dan kelas X MIA 2 SMA N 1 Turi sebagai kelas eksperimen. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data berupa lembar angket, lembar observasi, soal pre-test dan soal post-test. Data hasil validasi dikonversi menjadi skala 5. Data mengenai keterlaksanaan proses dianalisis dengan statistik deskriptif untuk menentukan persentase keterlaksanaan. Data keefektifan produk terhadap motivasi belajar dan penguasaan konsep dianalisis dengan menentukan gain standar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) produk Perangkat Pelaksanaan Edutourism layak untuk pembelajaran biologi, (2) kegiatan edutourism menggunakan produk yang disusun terlaksana dengan sangat baik, dan (3) produk efektif untuk meningkatkan motivasi belajar dan penguasaan konsep peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pelaksanaan, edutourism, Kebun Koleksi Salak Nusantara, motivasi belajar, penguasaan konsep
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Apr 2015 00:47
Last Modified: 09 May 2019 01:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14244

Actions (login required)

View Item View Item