HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DIET DENGAN INDEKS MASSA TUBUH (IMT) MEMBER FITNESS CENTER DI GADJAH MADA MEDICAL CENTER (GMC) HEALTH CENTER

Adhitya Irama Putra, Adhitya IP. (2013) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DIET DENGAN INDEKS MASSA TUBUH (IMT) MEMBER FITNESS CENTER DI GADJAH MADA MEDICAL CENTER (GMC) HEALTH CENTER. S1 thesis, FIK UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Jika seseorang memiliki tingkat pengetahuan yang baik mengenai diet, diharapkan dalam praktiknya juga akan baik, akan tetapi jika seseorang memiliki tingkat pengetahuan mengenai diet yang buruk, dapat diasumsikan bahwa dalam praktiknyapun akan buruk, sehingga ada kemungkinan orang tersebut sulit mendapatkan IMT dengan kategori normal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan diet dengan indeks massa tubuh (IMT) member fitness center di GMC Health Center Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif presentase dan korelasi menggunakan metode survei dengan instrumen berupa pengukuran, instrumen angket untuk mengukur pengetahuan tentang diet dan pengukuran tinggi badan dan berat badan untuk mengukur IMT. Subjek penelitian yang digunakan adalah member fitness center di GMC Health Center yang berjumlah 52 orang. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment pada taraf signifikasi 0,05 atau 5 %. Dari hasil penelitian diperoleh tingkat pengetahuan diet member fitness center di GMC Health Center sebanyak 3 orang (5,8 %) dengan kategori sangat rendah, 12 orang (23,1 %) dengan kategori rendah, 19 orang (36,5 %) dengan kategori sedang, 18 orang (34,6 %) dengan kategori tinggi, dan tak seorangpun (0 %) memiliki kategori sangat tinggi. IMT member fitness center di GMC Health Center tak seorangpun (0 %) dengan kategori kurus tingkat berat, 4 orang (7,7 %) dengan kategori kurus tingkat ringan, 47 orang (90,4 %) dengan kategori normal, 1 orang (1,9 %) dengan kategori gemuk tingkat ringan, dan tak seorangpun (0 %) dengan kategori gemuk tingkat berat. Hasil analisis korelasi diperoleh nilai r hit (0,564) > r tab (0,279) artinya ada Hubungan yang siginifikan antara tingkat pengetahuan diet dengan Indeks Massa Tubuh (IMT) Member Fitness Center di Gadjah Mada Medical Center (GMC) Health Center. Hasil Koefisien determinan (R2) diperoleh sebesar 0,318, berarti pengetahuan diet memberikan sumbangan sebesar 31,8 % terhadap indeks masaa tubuh, sisanya sebesar 68,2 % dipengaruhi faktor lain, seperti aktivitas fisik, pola istirahat dan management stress.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Admin PKR FIK
Date Deposited: 26 Mar 2015 02:14
Last Modified: 26 Mar 2015 02:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14242

Actions (login required)

View Item View Item