Faiqoh, Nur (2014) PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA BAHAN KIMIA DALAM KEHIDUPAN “CITA RASA KIMIA” SEBAGAI SALAH SATU MEDIA BELAJAR BAGI SISWA. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.
|
Text
[09303241033]Nur Faiqoh.pdf Download (29kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menentukan kualitas ensiklopedia bahan kimia dalam kehidupan untuk siswa SMP/ MTs ditinjau dari komponen kelayakan isi/ materi, penyajian, bahasa dan gambar, serta kegrafikan berdasarkan penilaian dan tinjauan 5 guru IPA SMP/ MTs. Materi bahan kimia dalam kehidupan memiliki cakupan yang sangat luas, sehingga diambil sub materi yang lebih sempit yaitu tentang bumbu dapur. Untuk mengembangkan ensiklopedia ini, dilakukan beberapa tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan pengembangan, uji coba produk, dan penilaian. Tahap perencanaan meliputi beberapa langkah, yaitu menentukan materi pokok, mengumpulkan referensi, menyusun kisi-kisi instrumen, menentukan peer reviewer, ahli materi, ahli media, dan reviewer. Tahap pelaksanaan pengembangan meliputi penyusunan draf I dan II ensiklopedia yang selanjutnya dikonsultasikan dengan dosen, dan validasi instumen penilaian. Tahap uji coba produk meliputi penilaian tahap I oleh ahli materi dan ahli media, revisi tahap I, penilaian tahap II oleh peer reviewer, dan revisi tahap II. Tahap penilaian dilakukan oleh reviewer yaitu 5 guru IPA SMP/ MTs. Kualitas ensiklopedia diperoleh melalui instrumen penilaian yang terdiri dari 4 komponen yang dijabarkan menjadi 37 poin penilaian. Penelitian ini menghasilkan produk berupa ensiklopedia dengan judul "Cita Rasa Kimia". Berdasarkan hasil penilaian reviewer, perolehan persentase komponen kelayakan isi/ materi, komponen penyajian, komponen bahasa dan gambar, dan kegrafikan berturut-turut adalah 91,60% (Sangat Baik); 90,80% (Sangat Baik); 88,00% (Sangat Baik); dan 93,50% (Sangat Baik). Berdasarkan skor tersebut, diketahui kualitas ensiklopedia bahan kimia dalam kehidupan secara keseluruhan adalah sangat baik (SB) dengan skor rata-rata 168,20; persentase 90,92% sehingga dapat dijadikan sebagai salah satu media belajar bagi siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Admin Kimia FMIPA |
Date Deposited: | 26 Mar 2015 05:57 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 19:37 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14235 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |