PENGARUH PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SD SE-GUGUS 1 KECAMATAN SEDAYU, BANTUL

Nifta Satria, Ningrum (2015) PENGARUH PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SD SE-GUGUS 1 KECAMATAN SEDAYU, BANTUL. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Skripsi (Nifta Safria N.).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran SAVI pada hasil belajar IPA yang diperoleh kelompok eksperimen dengan menerapkan pembelajaran SAVI dan kelompok kontrol dengan menerapkan pembelajaran yang biasa dilakukan guru pada siswa kelas IV SD Se-Gugus 1 Kecamatan Sedayu, Bantul. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Variabel bebas pada penelitian ini adalah pembelajaran SAVI, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar IPA. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD se-Gugus 1 Kecamatan Sedayu. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IVB SD 1 Pedes dan IVA SD 2 Pedes yang diambil menggunakan teknik purposive random sampling. Kelompok eksperimen yaitu siswa kelas IVB SD 1 Pedes dan kelompok kontrol yaitu siswa kelas IVA SD 2 Pedes. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis pada penelitian ini menggunakan rumus ¬t-test yang didahului dengan uji prasyarat analisis berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran SAVI secara signifikan pada hasil belajar IPA yang diperoleh kelompok eksperimen dengan menerapkan pembelajaran SAVI dan kelompok kontrol dengan menerapkan pembelajaran yang biasa dilakukan guru pada siswa kelas IV SD Se-Gugus 1 Kecamatan Sedayu, Bantul. Hal tersebut dibuktikan dari hasil t-test dengan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung (3,440) > ttabel (1,687). Rata-rata mean post test yang diperoleh kelompok eksperimen sebesar 78,95 dan kelompok kontrol sebesar 66,60. Kata kunci : Pembelajaran SAVI, Hasil Belajar IPA.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 01:50
Last Modified: 29 Jan 2019 19:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14234

Actions (login required)

View Item View Item