PENGEMBANGAN TARGET RING SEBAGAI ALAT PEMBELAJARAN CHEST PASS DALAM PERMAINAN BOLABASKET DI SMA N 1 BANTUL

Rofi, Rofi hansyah (2013) PENGEMBANGAN TARGET RING SEBAGAI ALAT PEMBELAJARAN CHEST PASS DALAM PERMAINAN BOLABASKET DI SMA N 1 BANTUL. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIP9.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Alat pembelajaran permainan bolabasket belum banyak jenisnya. Penelitian ini bertujuan menghasilkan sebuah alat modifikasi target ring untuk materi teknik chest pass dalam permainan bolabasket, sehingga produk modifikasi ini dapat dimanfaatkan sebagai alat pembelajaran di sekolah khususnya SMA N 1 Bantul. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang bertujuan menghasilkan produk berupa alat pembelajaran target ring untuk mata pelajaran penjasorkes yang mempelajari materi chest pass dalam permainan bolabasket. Dalam penelitian ini, data mengenai kualitas produk pembelajaran target ring yang dihasilkan, diperoleh dengan bantuan angket penelitian yang terdiri dari dua aspek, yaitu aspek kualitas alat dan aspek kualitas materi. Agar diperoleh produk alat pembelajaran target ring yang berkualitas tinggi, maka dalam proses pembuatannya dilakukan beberapa tahapan, diantaranya yaitu uji validasi kualitas alat oleh ahli alat, uji validasi kualitas materi oleh ahli materi, uji coba dengan siswa satu lawan satu, uji coba dengan siswa kelompok kecil, uji coba dengan siswa kelompok besar. Hasil penelitian ini adalah sebuah produk alat pembelajaran target ring dengan kualitas yang “Baik”. Hal tersebut dibuktikan dengan diperolehnya hasil validasi kualitas alat oleh ahli alat dengan rerata skor 4,60 yang termasuk dalam ketegori “Sangat Baik”, diperolehnya hasil validasi kualitas materi oleh ahli materi dengan rerata skor 4,36 yang termasuk dalam ketegori “Sangat Baik”, dan diperolehnya hasil uji coba pada siswa SMA N 1 bantul dengan rerata skor untuk setiap aspek penilaian adalah: aspek kualitas alat sebesar 3.95 yang masuk dalam kategori “Baik”, dan aspek kualitas materi sebesar 4.06 yang masuk dalam kategori “Baik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
P3AI
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 26 Mar 2015 02:01
Last Modified: 29 Jan 2019 19:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14230

Actions (login required)

View Item View Item