PELAKSANAAN NILAI DEMOKRASI DI SD NEGERI KIYARAN 2 DESA WUKIRSARI KECAMATAN CANGKRINGAN KABUPATEN SLEMAN

Yunita, Tantriyana (2015) PELAKSANAAN NILAI DEMOKRASI DI SD NEGERI KIYARAN 2 DESA WUKIRSARI KECAMATAN CANGKRINGAN KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (57kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan nilai demokrasi dan hambatan yang dihadapi guru di SD Negeri Kiyaran 2 Desa Wukirsari Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman dalam melaksanaan nilai demokrasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas satu, guru kelas enam, perwakilan siswa kelas satu dan kelas enam. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori analisis data Miles dan Huberman yaitu reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan. Tenik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan nilai demokrasi di SD Negeri Kiyaran 2 (1) penanaman nilai demokrasi bertujuan untuk membuat siswa memahami nilai demokrasi, sehingga nantinya dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, dan (2) nilai demokrasi yang ditanamkan yaitu sikap saling menghargai, toleransi, partisipasi dan tidak membeda-bedakan satu sama. Nilai demokrasi ini diintegrasikan ke dalam pembelajaran melalui contoh-contoh dalam kehidupan sehari-hari, keteladanan, dan cerita. Hambatan pelaksanaan nilai demokrasi di SD Negeri Kiyaran 2 (1) kemampuan guru yang masih kurang dalam menyosialisaikan nilai-nilai demokrasi kepada siswa dalam pembelajaran. Kurangnya kemampuan guru dalam membuat RPP yang mengintegrasikan nilai-nilai demokrasi, memilih metode yang sesuai dengan karakteristik siswa, mengimplementasikan RPP dalam kegiatan belajar mengajar. Sarana dan pra sarana yang belum memenuhi seperti ruang kelas yang nyaman, media pembelajaran yang mencakup semua mata pelajaran dan sesuai dengan kebutuhan siswa, serta buku-buku di perpustakaan yang menarik dan relevan dengan kurikulum yang digunakan. (2) upaya yang dilakukan guru saat mengalami hambatan dalam melaksanakan nilai demokrasi yaitu, saling tolong-menolong ketika ada guru yang mengalami kesulitan, membeli RPP dari kelas satu sampai dengan kelas enam dalam satu paket RPP, dan membawa benda yang ada di sekitar siswa maupun gambar.. Kata kunci: pelaksanaan nilai demokrasi, hambatan guru

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 01:50
Last Modified: 29 Jan 2019 19:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14228

Actions (login required)

View Item View Item