PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KLEDOKAN DEPOK SLEMAN

Tri, Nafiah (2014) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KLEDOKAN DEPOK SLEMAN. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Skripsi-Tri Nafiah.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri Kledokan melalui penerapan model pembelajaran Quantum teaching. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Kledokan yang berjumlah 34 siswa, terdiri dari 25 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah teknik observasi dan tes. Instrumen penelitian menggunakan lembar tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa. Penerapan model pembelajaran Quantum Teaching untuk meningkatkan prestasi belajar IPA tersebut dapat dilaksanakan dengan cara melakukan pembelajaran dengan kerangka “TANDUR” (Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi dan Rayakan), menerapkan asas dan prinsip-prinsip Quantum Teaching, serta memaksimalkan penggunaan unsur konteks dan isi dalam pembelajaran. Adapun peningkatan prestasi belajar dapat dilihat dari nilai yang diperoleh siswa sebelum dan sesudah dilakukan tindakan. Sebelum dilakukan tindakan nilai rata-rata siswa 62,91 dengan persentase ketuntasan sebesar 32% dari keseluruhan jumlah siswa. Pada siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 79,41 dengan persentase ketuntasan sebesar 68 % dari keseluruhan jumlah siswa. Pada siklus II nilai ratarata siswa menjadi 87,50 dengan persentase ketuntasan sebesar 85% dari keseluruhan jumlah siswa. Kata kunci: Prestasi Belajar IPA, model pembelajaran Quantum Teaching

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 01:47
Last Modified: 29 Jan 2019 19:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14223

Actions (login required)

View Item View Item