PENGGUNAAN METODE ACTIVE LEARNING TIPE CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI SENDANGSARI

Anindita Rahma, Azizah (2014) PENGGUNAAN METODE ACTIVE LEARNING TIPE CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI SENDANGSARI. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dan prestasi belajar IPS dengan menerapkan metode active learning tipe card sort. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjeknya adalah siswa kelas IV SD Negeri Sendangsari yang berjumlah 19 siswa. Desain PTK menggunakan Kemmis dan Taggart yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi, serta refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, catatan lapangan, dan studi dokumenter. Analisis data yang digunakan deskriptif kuantitatif untuk menganalisis keaktifan dan prestasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode active learning tipe card sort dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar IPS pada siswa kelas IV SD Negeri Sendangsari. Peningkatan persentase setiap butir pengamatan keaktifan siswa meningkat dari pra tindakan pada kegiatan visual persentase sebesar 5,25%, pada siklus I sebesar 57,71%, pada siklus II sebesar 92,88%. Aspek kegiatan lisan pada pra tindakan sebesar 22,76%, pada siklus I menjadi 61,30%, pada siklus II sebesar 87,64%. Aspek kegiatan mendengarkan, pada pra tindakan sebesar 10,50%, pada siklus I sebesar 66,56%, pada siklus II sebesar 90,51%. Aspek kegiatan menulis pada pra tindakan persentase sebesar 21,05%, pada siklus I sebesar 73,5%, pada siklus II mencapai 100%. Aspek kegiatan mental pada pra tindakan belum adanya kriteria tinggi, pada siklus I sebesar 71,63%, pada siklus II sebesar 89,43%. Aspek kegiatan emosional, pada pra tindakan sebesar 23,68%, pada siklus I sebesar 62,96%, pada siklus II sebesar 94,66%. Peningkatan prestasi siswa meningkat dari nilai rata-rata pada kondisi awal sebesar 62 pada siklus I meningkat menjadi 73. Pada siklus II, nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 73 menjadi 84. Peningkatan siswa yang mencapai kriteria ketuntasan pada pra tindakan sebesar 37%, sedangkan pada siklus I sebesar 63%, kemudian pada siklus II meningkat sebesar 89%. Kata kunci : keaktifan, prestasi belajar IPS, metode active learning tipe card sort

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 01:46
Last Modified: 29 Jan 2019 19:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14219

Actions (login required)

View Item View Item