PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) SISWA KELAS V SD SE GUGUS DEWI SARTIKA PURWODADI PURWOREJO

Yulia Dwi, Ernawati (2014) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) SISWA KELAS V SD SE GUGUS DEWI SARTIKA PURWODADI PURWOREJO. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DWI HARYANTI 10108244013.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar IPA materi cahaya pada siswa kelas V SD se-gugus Dewi Sartika. Selain itu juga untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menerapkan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (ceramah, diskusi, dan penugasan). Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Variabel terikat pada penelitian ini adalah hasil belajar IPA, variabel bebasnya adalah strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dan pembelajaran konvensional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD yang berada di Gugus Dewi Sartika Purwodadi. Berdasarkan teknik purposive cluster random sampling didapatkan siswa MI Al Huda sebagai kelompok siswa eksperimen dan siswa SD N Sidoharjo sebagai kelompok siswa kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes hasil belajar dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah t-test untuk menguji hipotesis yang didahului dengan uji prasyarat analisis berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar IPA materi cahaya pada siswa kelas V SD se-gugus Dewi Sartika. Selain itu juga terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaaran menggunakan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pembelajaran konvensional. Hal tersebut dibuktikan dari hasil t-test pada taraf signifikansi 5% diperoleh thitung > ttabel. Kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing memperoleh nilai rata-rata post test lebih baik yaitu sebesar 80,57 dibandingkan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional yang memperoleh nilai rata-rata post test sebesar 61,14. Kata kunci : strategi pembelajaran inkuiri terbimbing, hasil belajar IPA.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 01:43
Last Modified: 29 Jan 2019 19:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14212

Actions (login required)

View Item View Item