SUMBANGAN PANJANG TUNGKAI, POWER OTOT TUNGKAI, KELINCAHAN DAN KECEPATAN LARI 40 METER TERHADAP KEMAMPUAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK SISWA PUTRA KELAS VIII SMP N 3 PAKEM, SLEMAN

Selly, Selly Nofita Amanda (2013) SUMBANGAN PANJANG TUNGKAI, POWER OTOT TUNGKAI, KELINCAHAN DAN KECEPATAN LARI 40 METER TERHADAP KEMAMPUAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK SISWA PUTRA KELAS VIII SMP N 3 PAKEM, SLEMAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
SELLY NOFITA AMANDA_09601244191.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Lompat jauh gaya jongkok memiliki hubungan dengan berbagai unsur fisik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sumbangan panjang tungkai, power tungkai, kelincahan, kecepatan lari 40 meter terhadap kemampuan lompat jauh gaya jongkok siswa putra kelas VIII SMP N 3 Pakem Sleman. Desain penelitian ini yaitu penelitian korelasional. Dalam penelitian ini terdapat 2 variabel utama yaitu variabel bebas (panjang tungkai, power tungkai, kelincahan dan kecepatan lari 40 meter), kemudian variabel terikat yaitu kemampuan lompat jauh gaya jongkok. Populasi dan Sampel dalam penelitian ini siswa putra kelas VIII SMP Negeri 3 Pakem Sleman yang berjumlah 60 siswa. Instrument dalam penelitian ini yaitu stopwatch, roll meter, meteran yang sudah diuji di balai metrologi Yogyakarta, hasil lengkap dapat dilihat di halaman lampiran. Sedangkan pengumpulan data yaitu menggunakan tes. Prasyarat analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji linieritas. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan analisis regresi ganda dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat sumbangan yang signifikan panjang tungkai, power otot tungkai, kelincahan, dan kecepatan lari 40 meter terhadap kemampuan lompat jauh gaya jongkok siswa putra kelas VIII SMP N 3 Pakem Sleman ditunjukan dengan nilai p (0,000) < α (0,05). Besarnya sumbangan adalah 71%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 26 Mar 2015 01:31
Last Modified: 29 Jan 2019 19:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14206

Actions (login required)

View Item View Item