MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGELOMPOKKAN (CLASSIFYING) DALAM PEMBELAJARAN SAINS MELALUI METODE PRAKTIK LANGSUNG PADAANAK KELOMPOK B TK NEGERI PEMBINA BROSOT GALUR KULON PROGO

Feni, Astuti (2014) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGELOMPOKKAN (CLASSIFYING) DALAM PEMBELAJARAN SAINS MELALUI METODE PRAKTIK LANGSUNG PADAANAK KELOMPOK B TK NEGERI PEMBINA BROSOT GALUR KULON PROGO. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
skripsi lengkap.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengelompokkan dalam pembelajaran sains melalui metode praktik langsung pada anak Kelompok B TK Negeri Pembina Brosot Galur Kulon Progo. Kemampuan mengelompokkan pada penelitian ini difokuskan pada kemampuan mencari dan membandingkan benda yang memiliki ciri tertentu yaitu berdasarkan bentuk, jenis serta warnanya. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (Classroom ActionResearch) yang dilakukan secara kolaborasi selama dua siklus pertemuan. Subjek penelitian ini ialah 25 anak yang terdiri dari 14 perempuan dan 11 laki. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila persentase rata-rata kemampuan mengelompokkan mencapai 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengelompokkan meningkat melalui metode praktik langsung. Hal ini dapat diketahui dari adanya rata-rata kemampuan mengelompokkan anak pada Pra Tindakan sebesar 46,67%, pada Siklus I mencapai 59,33%, kemudian pada Siklus II mencapai 80,5%. Selisih peningkatan pada Pra Tindakan dan Siklus I mencapai 19%, kemudian selisih peningktan dari Siklus I sampai Siklus II mencapai 18,67. Pembelajaran mengelompokkan menggunakan metode praktik langsung dilakukan dengan cara melakukan percobaan dengan memilih dan membandingkan benda seperti, tisu, kertas, biji-bijian, daun, palstik yang memiliki ciri yang sama untuk dikelompokkan sesuai dengan cirinya yaitu berdasarkan bentuk, jenis dan warnanya. Kata Kunci:kemampuan mengelompokkan, metode praktik langsung, anak Kelompok B

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 01:43
Last Modified: 29 Jan 2019 19:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14202

Actions (login required)

View Item View Item