HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN TINGKAT SOSIAL EKONOMI ORANG TUA / WALI MURID SISWA KELAS ATAS SEKOLAH DASAR NEGERI 3 JATILUHUR KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN KEBUMEN

Fariza Ahmad, Fariza (2013) HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN TINGKAT SOSIAL EKONOMI ORANG TUA / WALI MURID SISWA KELAS ATAS SEKOLAH DASAR NEGERI 3 JATILUHUR KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN KEBUMEN. S1 thesis, FIK UNY.

[img]
Preview
Text
Fariza Ahmad - 41005 - FIK - Skripsi - 2012.pdf

Download (772kB) | Preview

Abstract

Status gizi adalah keadaan tubuh sebagai akibat konsumsi makanan dan penggunaan zat gizi. Status gizi dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya tingkat sosial ekonomi. Tingkat sosial ekonomi akan membantu dalam pemenuhan kebutuhan asupan makanan, sehingga akan mempengaruhi status gizi seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan status gizi dengan tingkat sosial ekonomi orang tua/wali murid siswa kelas atas SD Negeri 3 Jatiluhur, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi, metode yang digunakan adalah metode survey. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pengukuran yaitu Indeks Lingkar Lengan Atas menurut Umur (LLA/U) untuk mengukur status gizi, sedangkan untuk mengukur tingkat sosial ekonomi digunakan angket. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas atas SD Negeri 3 Jatiluhur, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Kebumen yang berjumlah 61 anak. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dengan persentase. Uji hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan program komputer program SPSS dengan metode analisis korelasi product moment. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai nilai r hit (0,610) dan p value = 0,000. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara status gizi dengan tingkat sosial ekonomi orang tua/wali murid siswa kelas atas Sekolah Dasar Negeri 3 Jatiluhur, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Kebumen. Hal ini berarti tingkat sosial ekonomi orang tua/wali murid memiliki pengaruh terhadap status gizi siswa. Kemampuan prediksi variabel terikat terhadap variabel bebas sebesar 37,2 % sedangkan sisanya 63,8 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin PKR FIK
Date Deposited: 26 Mar 2015 01:31
Last Modified: 11 Mar 2019 02:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14200

Actions (login required)

View Item View Item