PENGARUH PENERAPAN MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA SISWA KELAS IV SD GUGUS HASANUDDIN KECAMATAN MERTOYUDAN KABUPATEN MAGELANG

Nur Dani, Rumanti (2014) PENGARUH PENERAPAN MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA SISWA KELAS IV SD GUGUS HASANUDDIN KECAMATAN MERTOYUDAN KABUPATEN MAGELANG. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NUR DANI RUMANTI NIM 10108244032.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan mind map terhadap hasil belajar kognitif Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas IV SD Gugus Hasanuddin Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Variabel bebas pada penelitian ini adalah penerapan mind map sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar kognitif IPA. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Gugus Hasanuddin kecamatan Mertoyudan yang berjumlah 175 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Pasuruhan IV dan SD Negeri Donorojo yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Teknik yang digunakan untuk menentukan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol adalah simple random sampling dengan cara undian dan diperoleh SD Negeri Pasuruhan IV sebagai kelompok eksperimen serta SD Negeri Donorojo sebagai kelompok kontrol. Data yang dikumpulkan berupa hasil belajar kognitif siswa dan keterlaksanaan pembelajaran. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, lembar observasi, dan dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test yang didahului dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan signifikan hasil belajar kognitif IPA antara kelompok eksperimen yang menerapkan mind map dan kelompok kontrol dengan pembelajaran yang biasa dilakukan guru yaitu ceramah dan tanya jawab. Hal ini ditunjukkan dengan hasil t-test yaitu thitung 3,283 > ttabel 1,685 pada taraf signifikansi 5%. Hasil rata-rata nilai post test kelompok eksperimen sebesar 76,40 lebih baik dari hasil rata-rata nilai post test kelompok kontrol yaitu 66,29 pada KKM yang ditentukan yaitu 69. Kata kunci : Penerapan Mind Map, Hasil Belajar Kognitif

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 01:44
Last Modified: 29 Jan 2019 19:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14199

Actions (login required)

View Item View Item