Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Terintegrasi Nilai Karakter untuk Mengembangkan Tanggung Jawab, Disiplin, dan Prestasi Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar

Komalasari, Mahilda dea (2015) Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Terintegrasi Nilai Karakter untuk Mengembangkan Tanggung Jawab, Disiplin, dan Prestasi Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-mahilda-dea-komalasari-12712251035.swf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD terintegrasi nilai karakter yang layak menurut ahli materi dan ahli media untuk digunakan pada pembelajaran tematik di kelas IV SD. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui keefektifan LKPD terintegrasi nilai karakter terhadap pengembangan tanggung jawab, disiplin, serta prestasi belajar peserta didik kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development, R&D) dengan mengacu model pengembangan Dick & Carey yang terdiri dari sepuluh tahap pengembangan, yaitu: (1) mengidentifikasi tujuan pembelajaran; (2) melakukan analisis pembelajaran; (3) menganalisis peserta didik; (4) menuliskan tujuan kinerja; (5) mengembangkan instrumen penilaian; (6) mengembangkan strategi pembelajaran; (7) mengembangkan dan memilih bahan ajar; (8) merancang dan melakukan evaluasi formatif pembelajaran; (9) merevisi perangkat pembelajaran; (10) merancang dan melakukan evaluasi sumatif. Uji coba terbatas dilakukan pada 8 peserta didik kelas IVA SDN Wonosari 1. Uji coba lapangan yang dilakukan pada 56 peserta didik kelas IVB dan IVC SDN Wonosari 1, serta data kualitatif dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, kuesioner, observasi, dan tes. Untuk menguji kelayakan LKPD, data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Untuk menguji keefektifan LKPD, data dianalisis dengan menggunakan independent sample t test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD terintegrasi nilai karakter ditinjau dari aspek kelayakan isi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafikan, menurut ahli secara keseluruhan dikategorikan layak. Berdasarkan penilaian ahli materi, LKPD berkategori ‘sangat baik’ dengan skor 4,5 dan berdasarkan penilaian ahli media, LKPD berkategori ‘sangat baik’ dengan skor 4,06. Pembelajaran tematik dengan menggunakan LKPD terintegrasi nilai karakter efektif mengembangkan tanggung jawab, disiplin, serta prestasi belajar peserta didik. Hasil uji coba lapangan diperoleh rata-rata perkembangan karakter tanggung jawab sebesar 88%, rata-rata perkembangan karakter disiplin sebesar 89%, dan rata-rata prestasi belajar peserta didik sebesar 8,75.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: LKPD terintegrasi nilai karakter, tanggung jawab, dan disiplin
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Apr 2015 00:47
Last Modified: 09 May 2019 01:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14198

Actions (login required)

View Item View Item