MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI PLAOSAN 2 MLATI

Septi Vita, Handayani (2014) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI PLAOSAN 2 MLATI. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Septi Vita Handayani _ 10108247098.pdf

Download (48MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri (SDN) Plaosan 2 Mlati dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Desain penelitian menggunakan model KemmisdanRobin Mc Taggart yaitu meliputi: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek pada penelitian ini siswa kelas IV SDN Plaosan 2 Mlati yang berjumlah 16 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan menulis dan observasi. Teknik analisis data yang dipergunakan yaitu teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian mengenai peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi menggunakan pendekatan CTL pada siswa kelas IV SDN Plaosan 2 Mlati tahun ajaran 2013/2014 dari keadaan awal siswa sebelum menerapkan tahapan pendekatan CTL rata-rata nilai keterampilan menulis karangan deskripsi sebesar 65,81, pada siklus I meningkat menjadi 69,88 dan pada siklus II meningkat menjadi 73,84. Langkah-langkah penerapan pendekatan CTL pada penelitian ini yaitu: 1) mengkonstruksi pengetahuan siswa dengan tanya jawab, 2) melaksanakan kegiatan inkuiri dengan melakukan pengamatan langsung lingkungan sekolah, 3) mengembangkan sifat ingin tahu siswa dengan bertanya, 4) menciptakan masyarakat belajar dengan membentuk kelompok belajar, 5) menghadirkan model sebagai contoh pembelajaran, dan 6) melakukan penilaian terhadap hasil menulis karangan siswa. Kata Kunci: keterampilan menulis karangan deskripsi, pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 01:45
Last Modified: 29 Jan 2019 19:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14195

Actions (login required)

View Item View Item