Pengembangan Model Uji Kompetensi dan Sertifikasi Keahlian Siswa SMK Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan

Budiyono, Aris (2015) Pengembangan Model Uji Kompetensi dan Sertifikasi Keahlian Siswa SMK Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan. S3 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak-aris-budiyono.pdf

Download (470kB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk: (1) mengembangkan model uji kompetensi dan sertifikasi keahlian siswa SMK kompetensi keahlian Teknik Pemesinan, (2) menghasilkan model uji kompetensi dan sertifikasi keahlian siswa SMK kompetensi keahlian Teknik Pemesinan yang efektif, efisien dan praktis; (3) mengetahui kelayakan model uji kompetensi dan sertifikasi keahlian siswa SMK kompetensi keahlian Teknik Pemesinan hasil pengembangan. Untuk mencapai tujuan tersebut maka dilaksanakan penelitian dan pengembangan dengan 10 langkah yaitu: (1) studi pendahuluan dan pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) mengembangkan produk awal, (4) uji coba lapangan, (5) revisi untuk menyusun produk utama, (6) uji coba lapangan utama, (7) revisi untuk menyusun produk operasional, (8) uji coba produk operasional, (9) revisi produk final dan (10) diseminasi dan implementasi produk hasil pengembangan. Produk penelitian di validasi oleh pakar, guru SMK dan dosen Pendidikan Teknik Mesin malaui Focus Group Discussion (FGD) dan uji lapangan yang dilakukan di SMK Warga Surakarta dan SMK Bhineka Karya Simo Boyolali Jawa Tengah. Hasil penelitian ini sebagai berikut. (1) Dihasilkan model Uji Kompetensi dan Sertifikasi Keahlian Siswa SMK Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan berbasis Unit Produksi Sekolah yang disingkat UKSK_UPS; terdiri dari komponen pengelolaan yaitu: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, evaluasi dan pelaporan; digunakan untuk mengelola UKSK siswa SMK khususnya kompetensi keahlian Teknik Pemesinan; serta model dilengkapi dengan panduan pelaksanaan dan modul penguatan materi dan latihan; (2) Model UKSK_UPS memenuhi kriteria model yang baik, hal ini ditunjukkan pada hasil skor rata-rata penilaian sebesar 3,557 (skor maksimum 4) termasuk kriteria baik yaitu antara 3,350 dan 3,764. (3). Rata-rata skor penilaian keterlaksanaan model saat uji coba mencapai nilai 3,670 pada uji coba perorangan dan 3,730 pada uji coba kelompok kecil, dengan menggunakan kriteria bahwa model terlaksana antara 3,422 dan 3,907 untuk uji coba perorangan dan antara 3,499 dan 3,954 untuk uji kelompok kecil maka model UKSK_UPS masuk kategori terlaksana. (4). Model UKSK_UPS memenuhi kriteria model yang efektif, hal ini ditunjukkan pada hasil skor rata-rata penilaian sebesar 3,730 termasuk kriteria efektif yaitu antara 3,506 dan 3,955. (5) Model UKSK_UPS memenuhi kriteria model yang efisien, hal ini ditunjukkan pada hasil skor rata-rata penilaian sebesar 3,780 termasuk kriteria efisien yaitu antara 3,569 dan 3,992. (6) Model UKSK_UPS memenuhi kriteria model yang praktis, hal ini ditunjukkan pada hasil skor rata-rata penilaian sebesar 3,700 termasuk kriteria praktis yaitu antara 3,468 dan 3,932. Dengan demikian disimpulkan bahwa model USK_UPS adalah model yang efektif, efisen dan praktis.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Model UKSK siswa SMK, Teknik Pemesinan, UPS
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Apr 2015 00:47
Last Modified: 09 May 2019 01:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14192

Actions (login required)

View Item View Item