PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE QUICK ON THE DRAWPADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 04 ALASTUWO KECAMATAN KEBAKKRAMAT KABUPATEN KARANGANYAR

Wahyuni, - (2014) PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE QUICK ON THE DRAWPADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 04 ALASTUWO KECAMATAN KEBAKKRAMAT KABUPATEN KARANGANYAR. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Wahyuni (10108244006).pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA melalui metode quick on the draw pada siswa kelas IV SD N 4 Alastuwo, Kecamatan Kebakkramat, Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian Kemmis & Mc Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 21 siswa yaitu 12 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Objek penelitian adalah keaktifan dan hasil belajar IPA. Prosedur penelitian terdiri dari 2 siklus dimana siklus pertama terdiri atas empat kali pertemuan dan siklus kedua terdiri atas tiga kali pertemuan. Data diperoleh melalui observasi dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila pada aspek keaktifan mencapai 75% dari 21 siswa dan rata-rata nilai pada hasil belajar = ≥ 70 atau 75% dari jumlah siswa yang mendapat nilai ≥ 70. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan metode quick on the draw dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA pada materi kenampakan di bumi dan sumber daya alam. Pada pra siklus ke siklus I secara keseluruhan rata-rata aspek keaktifan siswa mengalami peningkatan dari 43,804% menjadi 59,042%. Pada siklus I ke siklus II secara keseluruhan masing-masing aspeknya sudah mengalami peningkatan sehingga rata-rata dari keseluruhan juga mengalami peningkatan yakni dari 59,042% menjadi 78,566%. Peningkatan hasil belajar pada pra siklus ke siklus I nilai rata-rata mengalami peningkatan dari 65,80 menjadi 71,15. Pada siklus I ke siklus II rata-rata nilai mengalami peningkatan dari 71,15 menjadi 79,14.Persentase KKM pada pra siklus ke siklus I mengalami peningkatan dari 38,09% menjadi 57,14% dan pada siklus I ke siklus II mengalami peningkatan dari 57,14% menjadi 85,71%. Kata kunci : keaktifan, hasil belajar, quick on the draw, IPA

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 01:42
Last Modified: 29 Jan 2019 19:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14190

Actions (login required)

View Item View Item