Pengembangan Model Evaluasi Layanan Konseling Individual di SMA

Sarjilah, Sarjilah (2015) Pengembangan Model Evaluasi Layanan Konseling Individual di SMA. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-sarjilah-04701261016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model evaluasi program layanan konseling individual, panduan dan instrumen yang akurat untuk mendukung penerapan model evaluasi layanan konseling individual di SMA. Model evaluasi yang dikembangkan dalam penelitian ini evaluasi komponen input, proses, output/hasil, dan outcome konseling sehingga model ini disebut Model Evaluasi Layanan Konseling Individual. Model ini dikembangkan berdasar model evaluasi pelatihan Kirkpatrick dan model evaluasi CIPP dari Daniel Stufflebeam. Model dikembangkan melalui enam tahap: 1) Penyusunan desain, 2)Uji coba terbatas, 3) Revisi, 4) Uji coba diperluas, 5) Revisi, dan 6) Produk akhir. Draft model dan perangkat model diujicobakan di SMA-SMA D.I. Yogyakarta dalam dua tahap yaitu uji coba tahap I dan II. Uji coba tahap I dimaksudkan untuk memperoleh model dan perangkat model yang valid dan reliabel pada uji terbatas. Uji coba tahap I dilakukan pada 3 SMA yang melibatkan 20 siswa dan 9 orang guru. Uji coba tahap II dimaksudkan untuk menguji pada tahap diperluas. Uji coba tahap II dilakukan pada 7 SMA yang melibatkan 49 orang siswa dan 21 orang guru. Validitas model dan perangkat model ditetapkan melalui pengembangan indikator, uji keterbacaan, uji validasi konten, dan validasi konstruk. Uji validitas konstruk dilakukan dengan menggunakan Confirmatory Factor Analysis (CFA) dan Partial Least Square (PLS) sedangkan reliabilitas dilakukan dengan analisis Alpha. Hasil dari uji CFA kuesioner siswa tentang evaluasi layanan konseling individual menunjukkan bahwa dari 27 butir pertanyaan ada 2 butir yang memiliki λ < 0,3 pada aspek hubungan konseling, dan nilai λ terendah 0,48 pada butir aspek konselor. Model Evaluasi Layanan Konseling Individual telah memenuhi pengukuran kesesuaian model dengan indikator nilai Chi-Square dengan tingkat signifikansi > 0,05; Goodness of Fit Index (GFI) dan Adjusted Goodness of Fit Index (AGFI) > 0,90; dan Root Mean Square Error of Approximation (RMSEA) < 0,1 Produk pengembangan ini berupa model dan perangkatnya yang terdiri atas: panduan penggunaan model evaluasi layanan konseling individual, kuesioner, dan format laporan hasil evaluasi konseling individual. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) model ini merupakan model yang dapat digunakan untuk mengevaluasi layanan konseling individual di SMA, 2) kuesioner yang dihasilkan valid dan reliabel meliputi kuesioner siswa dan kuesioner guru.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: model evaluasi, layanan konseling individual
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Apr 2015 00:46
Last Modified: 23 Jun 2022 08:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14188

Actions (login required)

View Item View Item