PERBEDAAN KETEPATAN JUMPING SMASH LURUS DAN JUMPING SMASH SILANG DALAM KETERAMPILAN BULUTANGKIS PADA SEKOLAH BULUTANGKIS PB.MUTIARA WONOSOBO 2014

Wijayanto, Danang Isworo (2015) PERBEDAAN KETEPATAN JUMPING SMASH LURUS DAN JUMPING SMASH SILANG DALAM KETERAMPILAN BULUTANGKIS PADA SEKOLAH BULUTANGKIS PB.MUTIARA WONOSOBO 2014. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DANANG ISWORO WIJAYANTO.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Sekolah bulutangkis PB. Mutiara merupakan salah satu sekolah bulutangkis yang berada di wilayah Kabupaten Wonosobo. Mulai dari gerakan dasar hingga penerapan taktik pada permaian bulutangkis sudah diajarkan di sekolah bulutangkis PB. Mutiara Wonosobo. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti pada sekolah bulutangkis PB. Mutiara Wonosobo menunjukkan bahwa kemampuan peserta sekolah bulutangkis PB. Mutiara Wonosobo dalam melakukan pukulan jumping smash lurus dan jumping smash silang sangat bervarasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan ketepatan jumping smash lurus dan jumping smash silang dalam keterampilan bulutangkis pada sekolah bulutangkis PB. Mutiara Wonosobo 2014. Sehingga ketepatan pukulan jumping smash lurus dan jumping smash silang yang dilakukan oleh para peserta pada sekolah bulutangkis PB. Mutiara Wonosobo dapat ditingkatkan menjadi lebih baik. Desain penelitian ini termasuk penelitian komparasional. Sampel penelitian dilakukan dengan teknik sampel bersyarat dengan ketentuan usia, yaitu usia 13-17 tahun. Sebanyak 20 orang dijadikan sebagai subjek penelitian. Teknik yang digunakan untuk pengambilan data adalah teknik tes. Tes ketepatan pukulan jumping smash lurus dan jumping smash silang dari Sapta Kunta Purnama, dengan validitas dan reabilitasnya 0,68 dan 0,81. Analisis data menggunakan uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji-t dengan taraf signifikan 0,05. Hasil uji diperoleh nilai uji-t antara jumping smash lurus dan jumping smash silang dalam keterampilan bulutangkis yang memiliki nilai t-hitung 8.850, (df = 19) pada taraf signifikansi 5%, karena t-hitung lebih besar dari t-tabel maka ada perbedaan yang signifikan antara jumping smash lurus dan jumping smash silang. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara jumping smash lurus dan jumping smash silang pada sekolah bulutangkis PB. Mutiara Wonosobo 2014, dan hasil ketepatan jumping smash lurus lebih baik dari jumping smash silang.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: 11601244154
Uncontrolled Keywords: jumping smash lurus, jumping smash silang, keterampilan bulutangkis
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 26 Mar 2015 01:18
Last Modified: 29 Jan 2019 19:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14186

Actions (login required)

View Item View Item