KEMAMPUAN DASAR SERVIS ATAS, PASSING BAWAH DAN PASSING ATAS DALAM PERMAINAN BOLA VOLI SISWA PUTRA PESERTA EKSTRAKURIKULER DI SMA NEGERI 2 GRABAG KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Septian Dewantoro, Septian (2014) KEMAMPUAN DASAR SERVIS ATAS, PASSING BAWAH DAN PASSING ATAS DALAM PERMAINAN BOLA VOLI SISWA PUTRA PESERTA EKSTRAKURIKULER DI SMA NEGERI 2 GRABAG KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kurangnya perhatian yang serius untuk mengoptimalkan kualitas tingkat penguasaan teknik dasar bermain bola voli peserta ekstrakurikuler menjadi latar belakang penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan servis atas, passing bawah dan passing atas bola voli siswa putra peserta ekstrakurikuler di SMA N 2 Grabag magelang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survey dan teknik pengumpulan data dengan tes dan pengukuran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa putra peserta ekstrakurikuler bola voli di SMA N 2 Grabag Magelang sebanyak 21 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan tes, instrumen yang digunakan yaitu Richard H.cox (1980: 100-104) yang terdiri dari 3 item yaitu : (AAHPER serving accuracy test), (AAHPER face wall-vollet test), (Brumbach forearm pass wall-volley test). Analisis data menggunakan pengkategorian 5 batas norma, yaitu : baik sekali, baik, cukup, kurang, kurang sekali, kemudian dipersentasekan sesuai kategori yang didapat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan dasar servis atas, passing bawah dan passing atas siswa peserta ekstrakurikuler bola voli di SMA N 2 Grabag magelang adalah cukup. Dengan persentase sebanyak 6 siswa (28,57%) dalam kategori kurang, 9 siswa (42,86%) dalam kategori cukup, 4 siswa (19,05 %) dalam kategori baik dan 2 siswa (9,52%) yaitu Firdaus Okta G.M dan Denzeno Wiradika dalam kategori baik sekali.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Other
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 26 Mar 2015 01:21
Last Modified: 29 Jan 2019 19:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14183

Actions (login required)

View Item View Item