PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN BILANGAN CACAH MENGGUNAKAN PENDEKATAN TEORI BELAJAR JEROME S BRUNER PADA SISWA KELAS I SD N I GENTAN, GANTIWARNO, KLATEN

Heny, Sutanti (2014) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN BILANGAN CACAH MENGGUNAKAN PENDEKATAN TEORI BELAJAR JEROME S BRUNER PADA SISWA KELAS I SD N I GENTAN, GANTIWARNO, KLATEN. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Heny Sutanti_10108247027.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar operasi hitung penjumlahan bilangan cacah dengan menggunakan pendekatan teori belajar Jerome S Bruner pada siswa kelas I SD N 1 Gentan, Gantiwarno, Klaten, Jawa Tengah. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas I sebanyak 22 siswa, yang terdiri dari 6 siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data berupa analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan prestasi belajar siswa. Hal tersebut ditunjukkan dengan meningkatnya rata-rata pra tindakan 58,40, siklus I adalah 66,36 dan siklus II sebesar 80,90, sedangkan untuk ketuntasan belajar pra tindakan sebesar 40% ada 9 siswa mencapai KKM, kemudian meningkat 23% pada siklus I menjadi 63% ada 14 siswa mencapai KKM dan pada siklus II meningkat 23% menjadi 86% ada 19 siswa mencapai KKM. Aktivitas siswa ketika pembelajaran meningkat 12,83% dari siklus I sebesar 60,51% meningkat menjadi 73,34% pada siklus II. Kata kunci: prestasi belajar, operasi hitung penjumlahan bilangan cacah, teori belajar Jerome S Bruner.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 01:41
Last Modified: 29 Jan 2019 19:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14182

Actions (login required)

View Item View Item