PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS IV MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI SEKOLAH DASAR NEGERI DONOHARJO NGAGLIK SLEMAN

Asmi, Saraswati (2014) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS IV MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI SEKOLAH DASAR NEGERI DONOHARJO NGAGLIK SLEMAN. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ASMI SARASWATI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar aspek kognitif mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas IV melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Donoharjo, Ngaglik, Sleman. Jenis penelitian yang digunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini siswa kelas IV SDN Donoharjo Ngaglik Sleman yang berjumlah 16 anak, yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc.Taggart. Penelitian tindakan dilaksanakan dalam 2 siklus, dengan dua pertemuan pada masing-masing siklus. Pada setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes objektif dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif. Peningkatan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial IPS aspek kognitif pada pra tindakan sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw nilai rata-rata kelas 59,13 meningkat menjadi 70,13 pada siklus I, dan pada siklus II meningkat menjadi 81,06. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan digunakannya model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan prestasi belajar IPS aspek kognitif. Langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam penelitian ini yaitu: (1) guru menyampaikan motivasi kepada siswa, (2) guru mengelompokkan siswa menjadi 4 kelompok asal, (3)guru memberikan materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi serta cara menggunakannya kepada masing-masing anggota kelompok asal, (4) masing-masing anggota kelompok asal dengan materi yang sama berkumpul dalam kelompok ahli untuk mendiskusikan meteri yang didapat, (5) guru membimbing siswa dalam berdiskusi, (6) siswa kembali ke kelompok asal untuk menyampaikan hasil diskusi secara bergantian. Kata kunci: prestasi belajar, Pembelajaran IPS, Model kooperatif tipe jigsaw.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 01:40
Last Modified: 07 Sep 2015 03:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14177

Actions (login required)

View Item View Item