UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN METODE TANYA JAWAB PADA SISWA KELAS V SD PACAR SEWON BANTUL

Deta, Sulistiyowati (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN METODE TANYA JAWAB PADA SISWA KELAS V SD PACAR SEWON BANTUL. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
13. BAB I.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB II ku.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB III.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. BAB IV.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17. BAB V.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (24kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode tanya jawab pada mata pelajaran IPS kelas V SD Pacar Sewon Bantul Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model spiral yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart. Tahapan-tahapan dari penelitian tindakan kelas ini adalah perencanaan, tindakan dan observasi serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Pacar Sewon Bantul Yogyakarta yang berjumlah 20 anak, dengan rincian 10 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi dan tes. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dan teknik rerata. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode tanya jawab dengan cara guru bertanya kepada siswa yang kemampuannya kurang kemudian apabila jawabannya kurang tepat dilemparkan kepada siswa lain dan siswa yang mempunyai kemampuan di atas rata-rata atau siswa yang mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut boleh memperbaiki jawaban temannya atau menambahi. Hal ini ditunjukkan dengan rerata kondisi awal 55,00 meningkat menjadi 64,75 pada siklus I dan meningkat menjadi 75,00 pada siklus II. Kata kunci: hasil belajar, IPS , tanya jawab

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 01:40
Last Modified: 29 Jan 2019 19:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14175

Actions (login required)

View Item View Item