UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI DENGAN METODE PETA PIKIRAN (MIND MAP) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SAMPING KEMIRI PURWOREJO

Arif, Mustofa (2015) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI DENGAN METODE PETA PIKIRAN (MIND MAP) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SAMPING KEMIRI PURWOREJO. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Bab 1-5.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan keterampilan menulis narasi siswa kelas IV SD Negeri Samping Kemiri Purworejo melalui metode pembelajaran peta pikiran (mind map). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian ini adalah keterampilan menulis narasi, sedangkan variabel tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode peta pikiran (mind map). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Samping Kemiri Purworejo dengan jumlah 16 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah test dan observasi. Instrumen yang digunakan adalah test dan lembar observasi. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran keaktifan dan keterampilan menulis narasi siswa kelas IV SD Negeri Samping Kemiri Purworejo meningkat setelah digunakan metode pembelajaran peta pikiran (mind map). Keaktifan meningkat dari siklus 1 tercapai 80% meningkat menjadi 100% pada siklus 2, sedangkan keterampilan menulis siswa meningkat dari perolehan nilai rerata dan pencapaian keberhasilan siswa pada pretest nilai rerata keterampilan menulis narasi kelas yang diperoleh sebesar 58,19 dengan pencapaian keberhasilan sebesar 38%, siklus 1 nilai rerata keterampilan menulis narasi sebesar 65,88 dengan pencapaian keberhasilan sebesar 62%, siklus 2 nilai rerata keterampilan menulis narasi sebesar 70,81 dengan pencapaian keberhasilan sebesar 75%. Dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis narasi siswa kelas IV SD Negeri Samping Kemiri Purworejo mengalami peningkatan. Hasil observasi juga menunjukkan peningkatan aktivitas belajar siswa. Kata kunci : keterampilan menulis narasi, peta pikiran (mind map)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 01:40
Last Modified: 29 Jan 2019 19:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14173

Actions (login required)

View Item View Item