UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR IPA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE PEER LESSON PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI NGEMPLAK

Devi, Novitasari (2014) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR IPA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE PEER LESSON PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI NGEMPLAK. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DEVI NOVITASARI 10108244066.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara meningkatkan aktivitas belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Ngemplak dengan model pembelajaran active learning tipe peer lesson. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Ngemplak yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas siswa dan kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru, sedangkan wawancara dilakukan untuk mengetahui tanggapan guru terhadap upaya peningkatan aktivitas belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Ngemplak dengan model pembelajaran active learning tipe peer lesson. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Adapun indikator keberhasilan tindakan ditandai dengan minimal 75% dari jumlah siswa pada kategori baik dan sangat baik (≥76% dari aktivitas yang diamati). Aktivitas tersebut meliputi aktivitas visual, lisan, mendengarkan, menulis, menggambar, metrik, mental, dan emosional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran active learning tipe peer lesson pada siswa kelas IV SD Negeri Ngemplak dapat meningkatkan aktivitas belajar IPA. Aktivitas belajar IPA pada pra tindakan yaitu seluruh siswa pada kategori sangat kurang. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan setelah dilakukan tindakan pada siklus I yaitu berupa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran active learning tipe peer lesson. Pada siklus I mengalami peningkatan 65%, dari kondisi awal tidak ada siswa yang mencapai kategori baik meningkat menjadi 65% siswa pada kategori baik. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan kembali pada siklus II setelah dilakukan perbaikan tindakan yaitu dengan meminta seluruh anggota kelompok untuk mengajarkan topiknya di depan kelas dan guru menghargai setiap gagasan siswa serta memberikan dukungan dan penghargaan berupa tepuk tangan pada siswa saat akan presentasi. Aktivitas belajar IPA dengan model pembelajaran active learning tipe peer lesson pada siswa kelas IV SD Negeri Ngemplak pada siklus II meningkat 27%, siklus I sebesar 65% meningkat menjadi 92% siswa pada kategori baik. Kata kunci: aktivitas belajar IPA, model pembelajaran active learning tipe peer lesson

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 01:39
Last Modified: 29 Jan 2019 19:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14169

Actions (login required)

View Item View Item