PENGARUH LATIHAN SMALL-SIDED GAMES TERHADAP AKURASI PASSING MENDATAR SISWA YANG MENGIKUTI EKSTRA KURIKULER SEPAKBOLA DI SMP N 1 NGLIPAR GUNUNGKIDUL

Rohmad Nur Ichsan, Rohmad N. (2013) PENGARUH LATIHAN SMALL-SIDED GAMES TERHADAP AKURASI PASSING MENDATAR SISWA YANG MENGIKUTI EKSTRA KURIKULER SEPAKBOLA DI SMP N 1 NGLIPAR GUNUNGKIDUL. S1 thesis, FIK UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dilaksanakannya penelitian ini adalah sesuai observasi di ekstrakurikuler sepakbola SMP N 1 Nglipar terdapat kekurangan pada keterampilan akurasi passing mendatar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan small-sided games terhadap peningkatan akurasi passing mendatar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Teknik pengambilan data menggunakan tes. Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa yang mengikuti ekstrakurikuler sepakbola di SMP N 1 Nglipar yang berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes mengoper bola rendah dari Subagyo Irianto dengan tingkat validitas sebesar 0,812 dan reliabilitas 0,879. Teknik analisis data menggunakan uji-t melalui uji prasyarat uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian pada kelompok eksperimen memperoleh nilai t hitung > t tabel (5,209 > 1,76), maka dapat disimpulkan mengalami peningkatan yang signifikan keterampilan akurasi passing mendatar pada saat pretest dan posttest. Pada kelompok kontrol, diperoleh nilai t hitung > t tabel (2,477 > 1,76), dapat disimpulkan terjadi juga peningkatan keterampilan akurasi passing pada saat pretest dan posttest. Pada kelompok eksperimen hasil pretest rata-rata sebesar 6,53. Kemudian setelah diberi latihan small-sided games nilai rata-rata posttest adalah 8,46. Dengan demikian, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh latihan small-sided games terhadap peningkatan akurasi passing mendatar pada siswa ekstrakulikuler sepakbola di SMP Negeri 1 Nglipar Gunungkidul sebesar 29,5%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Depositing User: Admin PKR FIK
Date Deposited: 26 Mar 2015 01:18
Last Modified: 11 Mar 2019 02:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14159

Actions (login required)

View Item View Item