PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KEJAWAR BANYUMAS JAWA TENGAH

Irmasari, Gamiarsih (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KEJAWAR BANYUMAS JAWA TENGAH. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI IRMASARI GAMIARSIH- NIM NIM 09108244030.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan proses dan hasil pembelajaran bahasa Indonesia dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V di SD Negeri 1 Kejawar melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan McTaggart. Tahapan-tahapan yang dilakukan meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan dan observasi serta refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri 1 Kejawar yang berjumlah 34 siswa, yakni 11 siswa putri dan 23 siswa putra. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus I terdiri dari 3 pertemuan, sedangkan siklus II terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, pengamatan (observasi), wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SD Negeri 1 Kejawar melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukan dengan nilai rata-rata kelas dalam menulis karangan narasi siswa yang meningkat dari pra siklus, siklus I, dan siklus II. Nilai rata-rata menulis karangan narasi pada pra siklus sebesar 64,71; siklus I sebesar 67,97; peningkatan sebesar 3,26. Pada siklus II sebesar 74,91; peningkatan dari siklus I sebesar 6,94. Proses meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan langkah - langkah pembelajaran seperti: presentasi kelas yaitu penyampaian materi oleh guru, pembentukan kelompok sebanyak 6 kelompok heterogen yang terdiri dari siswa laki-laki dan perempuan dari tingkat kemampuan pintar, kurang pintar, dan kemampuan rata-rata; pemberian kuis secara individu berupa tes menulis karangan narasi, perhitungan skor yang dilakukan dengan cara menilai hasil karangan narasi oleh guru, dan pemberian penghargaan berupa pujian dan penguatan. Kata kunci: keterampilan menulis, karangan narasi, model pembelajaran kooperatif tipe STAD, siswa kelas V SD.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 01:39
Last Modified: 29 Jan 2019 19:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14155

Actions (login required)

View Item View Item