PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT DENGAN MEDIA GARIS BILANGAN PADA SISWA KELAS IV SD N CIBUK LOR SEYEGAN

Ririn, Nurmiyati (2014) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT DENGAN MEDIA GARIS BILANGAN PADA SISWA KELAS IV SD N CIBUK LOR SEYEGAN. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Ririn Nurmiyati_10108247093.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar operasi hitung bilangan bulat dengan media garis bilangan pada siswa kelas IV SD N Cibuk Lor Seyegan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD N Cibuk Lor Seyegan yang berjumlah 20 siswa dengan objek prestasi belajar operasi hitung bilangan bulat dengan media garis bilangan. Penelitian tindakan dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan observasi. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media garis bilangan dapat meningkatkan prestasi belajar operasi hitung bilangan bulat di kelas IV SD N Cibuk Lor Seyegan, yang pada kondisi awal sebelum diberi tindakan nilai rata-rata 50,1. Pada siklus I dengan menggunakan media garis bilangan adanya peningkatan sehingga nilai rata-rata kelas menjadi 61,5. Pada siklus II menunjukkan peningkatan dengan rata-rata yang diperoleh 74,5. Kata kunci : prestasi belajar, operasi hitung bilangan bulat, garis bilangan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 01:37
Last Modified: 29 Jan 2019 19:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14145

Actions (login required)

View Item View Item