PENINGKATAN KREATIVITAS MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS IV SDN 1 GEMBONGAN BANJARNEGARA

Anna Mai, Sandhi (2014) PENINGKATAN KREATIVITAS MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS IV SDN 1 GEMBONGAN BANJARNEGARA. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Anna Mai Sandhi 10108241008.pdf

Download (22MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas IV pada pembelajaran IPS melalui model Problem Based Learning (PBL) di SDN 1 Gembongan Banjarnegara. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), dengan subyek penelitian siswa kelas IV SDN 1 Gembongan Banjarnegara yang berjumlah 19 siswa. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data ialah skala dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Kriteria keberhasilan yang digunakan dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan kreativitas yang ditandai dengan meningkatnya kelancaran berpikir, keluwesan berpikir, kepekaan, keaslian berpikir, kemampuan memerinci, sikap ingin tahu, berani mengambil risiko, tidak mudah putus asa, tertarik pada tugas majemuk, sikap menghargai dan 75% dari jumlah siswa telah mencapai skor kreativitas sebesar ≥76% maka tindakan dinyatakan berhasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan kreativitas siswa pada pembelajaran IPS. Meningkatnya kreativitas pada siswa kelas IV SDN 1 Gembongan Banjarnegara melalui proses orientasi siswa pada masalah, mengorganisasikan siswa untuk belajar, membimbing pengalaman individual dan kelompok, membantu siswa mengembangkan dan menyajikan hasil karya, menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan kreativitas siswa pada pembelajaran IPS setelah dikenai tindakan pada siklus I diperoleh skor siswa saat pre-test menunjukkan 13 siswa (68,42%) pada kategori rendah dan 6 siswa (31,57%) pada kategori sedang. Skor pada post-test I menunjukkan 10 siswa (52,63%) pada kategori sedang dan 9 siswa (47,36%) pada kategori rendah, dan perolehan skor post-test II menunjukkan 19 siswa (100%) pada kategori tinggi. Peningkatan terjadi pada siklus I sebanyak 4 siswa (21%) meningkat dari kategori rendah menjadi sedang dan peningkatan pada siklus II menunjukkan 19 siswa (100%) meningkat menjadi kategori tinggi dengan skor telah memenuhi 75% dari jumlah siswa mencapai skor sebesar ≥76%. Kata kunci: kreativitas, model Problem Based Learning

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 01:37
Last Modified: 29 Jan 2019 19:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14143

Actions (login required)

View Item View Item