PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) DI SD NEGERI REJONDANI PRAMBANAN SLEMAN

Lestari, Agustina (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) DI SD NEGERI REJONDANI PRAMBANAN SLEMAN. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar IPA ranah kognitif siswa kelas V SD Negeri Rejondani Kabupaten sleman dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA SD Rejondani Kabupaten Sleman yang berjumlah 26 siswa, terdiri dari 11 siswa perempuan dan 15 siswa laki-laki. Model penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Taggart. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus tindakan, di mana setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Sebelum digunakan dalam penelitian, tes divalidasi dengan expert judgment. Data hasil observasi dianalisis secara deskriptif kualitatif sementara hasil tes dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian pratindakan menunjukkan bahwa hasil belajar IPA siswa pada ranah kognitif masih rendah. Nilai rata-rata kelas baru mencapai 66,69 dan persentase ketuntasannya adalah 38,46%. Setelah dilakukan tindakan dengan menggunakan pendekatan CTL pada siklus I, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 76,38 dan persentase ketuntasan meningkat menjadi 61,53%. Demikian pula setelah dilakukan perbaikan pembelajaran CTL yang mengoptimalkan proses pembelajaran menggunakan komponen komponen CTL pada tindakan siklus II, nilai rata-rata kelasnya meningkat menjadi 81,84, dan persentase ketuntasan meningkat menjadi 84,81%. Hal ini telah melampaui kriteria keberhasilan yang ditentukan dalam penelitian ini yaitu 75% siswa yang mendapat nilai minimal 75. Kata kunci: pendekatan pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL), hasil belajar IPA

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 01:39
Last Modified: 29 Jan 2019 19:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14139

Actions (login required)

View Item View Item