TINGKAT KEBERHASILAN MASASE FRIRAGE DAN AKUPRESUR DALAM MENGURANGI NYERI DAN MENINGKATKAN ROM (RANGE OF MOTION) PADA PASIEN CEDERA BAHU DI KLINIK SASANA HUSADA YOGYAKARTA

Feri Anggriawan, Feri (2013) TINGKAT KEBERHASILAN MASASE FRIRAGE DAN AKUPRESUR DALAM MENGURANGI NYERI DAN MENINGKATKAN ROM (RANGE OF MOTION) PADA PASIEN CEDERA BAHU DI KLINIK SASANA HUSADA YOGYAKARTA. S1 thesis, FIK UNY.

[img]
Preview
Text
PDF complete.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
PDF complete.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana tingkat keberhasilan masasse frirage dan akupresur dalam mengurangi nyeri dan meningkatkan ROM (range of motion) pasien cedera bahu di Klinik Sasana Husada Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental dengan 2 kelompok. Teknik pengambilan data menggunakan tes dan pengukuran. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien cedera bahu di Klinik Sasana Husada Yogyakarta Maret sampai April tahun 2013. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik incidental sampling. Sampel yang memenuhi syarat berjumlah 22 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes untuk mengukur ROM dan skala nyeri untuk mengukur tingkat nyeri. Teknik analisis data menggunakan uji-t setelah sebelumnya melalui uji prasyarat uji normalitas dan uji homogenitas. Secara deskriptif, efektivitas nyeri lebih baik pada kombinasi masase frirage dan akupresur dengan menurunkan rasa nyeri sebesar 73,33% sedangkan pada pada kelompokn masase frirage 51,14%. Dalam hal menaikkan ROM, untuk semua arah gerak sendi bahu efektivitas lebih besar pada kelompok yang mendapat kombinasi masase frirage dan akupresur., dengan efektivitas paling besar pada gerak ekstensi, yaitu sebesar 89,36%. Secara statistik, hasil uji-t baik untuk kelompok masase frirage maupun kombinasi masase frirage dan akupresur signifikan dalam mengurangi nyeri dan meningkatkan ROM (p<0,05). Peningkatan ROM dan penurunan rasa nyeri lebih baik pada kelompok yang mendapat perlakuan masase frirage dan akupresur. Dapat disimpulkan bahwa kombinasi masase frirage dan akupresur dapat mengurangi nyeri dan meningkatkan ROM pada cedera bahu.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Depositing User: Admin PKR FIK
Date Deposited: 25 Mar 2015 08:46
Last Modified: 11 Mar 2019 02:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14138

Actions (login required)

View Item View Item