EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN (DIKLAT) PENGADAAN BARANG/JASA PEMERINTAH DI BADAN DIKLAT PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Resti, Fidi Astuti (2015) EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN (DIKLAT) PENGADAAN BARANG/JASA PEMERINTAH DI BADAN DIKLAT PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
resti fidi astuti_10101241009.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan: (1) konteks program diklat pengadaan barang/jasa pemerintah (PBJ) di Badan Diklat Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), (2) masukan program diklat PBJ di Badan Diklat Provinsi DIY, (3) proses program diklat PBJ di Badan Diklat Provinsi DIY, dan (4) hasil program diklat PBJ di Badan Diklat Provinsi DIY. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan menggunakan model evaluasi CIPP yang dikembangkan pertama kali oleh Daniel Stufflebeam pada tahun 1960-an. Subjek penelitian ini adalah penyelenggara, pengajar, dan peserta yang telah mengikuti diklat PBJ di Badan Diklat Provinsi DIY tahun 2013. Setting penelitian ini adalah Badan Diklat Provinsi DIY, Gunung Sempu Kabupaten Bantul. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi non partisipan, wawancara, dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan trianggulasi metode dan sumber data. Analisis data menggunakan analisis kualitatif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Konteks program diklat Badan Diklat Provinsi DIY telah memenuhi persyaratan yang ada pada peraturan pemerintah tentang pelaksanaan diklat. Penyelenggara diklat perlu menganalisis sasaran (peserta) diklat yang sesuai dengan tujuan diklat. (2) Masukan program diklat, bahwa kurikulum sudah relevan dengan kebutuhan dan tujuan diklat. Penyelenggara diklat belum menganalisis tingkat kebutuhan peserta diklat PBJ sesuai dengan minat peserta. Sarana prasarana diklat yang tersedia belum mampu menunjang terselenggaranya diklat. (3) Proses program diklat, yang berkaitan dengan media pembelajaran yang digunakan belum sepenuhnya menunjang terselenggaranya diklat. Metode mengajar yang diterapkan pengajar belum dijalankan sesuai dengan yang direncanakan. Pelaksanaan diklat sudah sesuai dengan jadwal diklat, tetapi materi belum tersampaikan secara maksimal sehingga perlu penambahan waktu diklat. (4) Hasil program diklat, kualitas lulusan dari Badan Diklat Provinsi DIY tidak sesuai dengan yang dipersyaratkan oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Jumlah lulusan ujian sertifikasi PBJ tahun 2013 belum memenuhi target lulusan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 01 Jul 2015 01:16
Last Modified: 29 Jan 2019 19:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14126

Actions (login required)

View Item View Item