Strategi Komunikasi Pengurus PSKW (Panti Sosial Karya Wanita) Dalam Meningkatkan Keterampilan Kerja Wanita Tuna Sosial di Godean Yogyakarta

Widiyanto, Agus (2015) Strategi Komunikasi Pengurus PSKW (Panti Sosial Karya Wanita) Dalam Meningkatkan Keterampilan Kerja Wanita Tuna Sosial di Godean Yogyakarta. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Agus W. 11413244017.PDF.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Panti Sosial Karya Wanita merupakan Unit Pelaksana Teknis Daerah Dinas sosial DIY sebagai Lembaga Pelayan Masyarakat yang memberikan Pelayanan Kesejahteraan sosial untuk membantu untuk mememulihkan sikap, Perilaku, dan fungsi sosial wanita tuna sosial dan rawan sosial melalui proses rehabilitasi sosial Penelitian ini mengkaji strategi komunikasi yang dilakukan oleh pengurus PSKW (Panti Sosial Karya Wanita) dalam meningkatkan keterampilan wanita tuna sosial di Godean Yogyakarta. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana strategi komunikasi yang digunakan oleh pengurus PSKW dalam meningkatkan keterampilan kerja klien di PSKW, serta mengetahui faktor pendorong dan faktor penghambat dalam strategi komunikasi yang dilakukan oleh pengurus PSKW dalam meningkatkan ketrampilan kerja klien di PSKW. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Peneliti menjelaskan secara deskriptif tentang hasil penelitian yang dilakukan. Subjek penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling yaitu pengurus PSKW (Panti Sosial Karya Wanita) serta pihak-pihak yang terkait dalam pelaksanaan keterampilan kerja di PSKW. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, dokumentasi maupun studi kepustakaan. Teknik validitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dengan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi komunikasi yang dilakukan oleh pengurus PSKW mampu meningkatkan keterampilan kerja wanita tuna sosial di PSKW Godean Yogyakarta. Strategi komunikasi yang digunakan dalam peningkatan keterampilan kerja di PSKW yaitu menggunakan Pendekatan Instruksional, Partisipatoris, dan Interpersonal. Faktor pendorong dalam peningkatan keterampilan ini yaitu kerjasama antara pekerja sosial dan Instruktur, adanya pendampingan dari pekerja sosial, pendekatan kekeluargaan, motivasi klien, sarana dan prasarana yang memadai. Sedangkan, karakteristik klien, tingkat pendidikan yang rendah, kurangnya tingkat intelektual, dan kurang meratanya pembagian jumlah peserta pada setiap keterampilan menjadi faktor penghambatnya. Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Pengurus PSKW, Peningkatan Keterampilan Kerja.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Ilmu Sosial > Psikologi Sosial
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 25 Mar 2015 07:11
Last Modified: 29 Jan 2019 19:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14123

Actions (login required)

View Item View Item