EFEK LATIHAN DENGAN ERGOCYCLE TERHADAP KADAR GLUKOSA DARAH PADA PENDERITA DIABETES MELITUS TIPE 2 ANGGOTA KLUB PERSADIA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) YOGYAKARTA

Korina Wulandari, Korina (2013) EFEK LATIHAN DENGAN ERGOCYCLE TERHADAP KADAR GLUKOSA DARAH PADA PENDERITA DIABETES MELITUS TIPE 2 ANGGOTA KLUB PERSADIA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) YOGYAKARTA. S1 thesis, FIK UNY.

[img]
Preview
Text
skripsi.pdf

Download (23MB) | Preview

Abstract

Diabetes melitus (DM) tipe 2 merupakan ancaman global, karena insidensinya yang tinggi dan kecenderungannya menimbulkan komplikasi. Salah satu upaya pengelolaan DM adalah melalui latihan dengan ergocycle. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek latihan dengan ergocycle dalam menurunkan kadar glukosa darah pada penderita diabetes melitus tipe 2 di anggota klub Persadia Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Experimental Design dengan desain One-Group Pretest-Postest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah penderita DM di klub Persadia Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Yogyakarta sebanyak 90 orang. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling dengan kriteria inklusi mengalami DM tipe 2, tidak menggunakan insulin, dan bersedia. Jumlah sampel sebanyak 10 orang yaitu 6 pria dan 4 wanita. Latihan dengan ergocycle dalam penelitian ini dilakukan satu sesi, intensitas 60-65% DJM (Denyut Jantung Maksimal), dan selama 30 menit. Kadar glukosa darah (KGD) diukur dari sampel darah vena subjek saat sebelum (pretest) dan setelah perlakuan (posttest). Instrumen pengukuran KGD menggunakan sistem Architect dan Aeroset dengan metode Hexokinase dari Laboraturium Parahita. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wilcoxon signed rank test pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian diperoleh bahwa KGD rata-rata ± standar deviasi saat pretest dan posttest adalah sebesar 190,70 ± 143,46 mg/dL dan 142,50 ± 113,67 mg/dL, terjadi penurunan sebesar 25,28% (p=0,028). Dapat disimpulkan bahwa latihan dengan ergocycle secara bermakna dapat menurunkan kadar glukosa darah pada penderita diabetes melitus tipe 2 di anggota klub Persadia Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Admin PKR FIK
Date Deposited: 25 Mar 2015 07:03
Last Modified: 25 Mar 2015 07:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14121

Actions (login required)

View Item View Item