PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DALAM MATERI PASSING BOLA BASKET SEBAGAI UPAYA MENUNJANG PENGEMBANGAN ASPEK KOGNITIF SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 1 KLATEN

Denny Raditya, Denny (2014) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DALAM MATERI PASSING BOLA BASKET SEBAGAI UPAYA MENUNJANG PENGEMBANGAN ASPEK KOGNITIF SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 1 KLATEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk software multimedia pembelajaran berupa CD (compact disc) pembelajaran teknik passing dalam permainan bola basket yang berkualitas dan layak digunakan sebagai media belajar bagi siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development), yang berarti penelitian ini merupakan penelitian yang berorientasi pada produk. Pengembangan multimedia pembelajaran ini dilakukan melalui tahapan: pendahuluan, melakukan pengembangan desain pembelajaran, melakukan pengembangan desain software multimedia pembelajaran, evaluasi produk, dan hasil akhir berupa compact disc pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dalam materi passing bola basket sebagai upaya menunjang pengembangan aspek kognitif siswa SMP kelas VII. Subjek uji coba adalah siswa SMP Muhammadiyah 1 Klaten yang telah mendapatkan materi dasar gerak bola basket. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara. Data berupa hasil penilaian mengenai kualitas produk, saran untuk perbaikan, serta data kualitatif lainnya. Data kuantitatif dianalisis dengan statistik deskriptif. Saransaran yang diperoleh digunakan untuk merevisi produk. Hasil validasi oleh ahli materi secara keseluruhan aspek adalah “sangat baik” dengan rerata skor 4,60. Penilaian ahli media pada produk adalah “sangat baik” dengan rerata skor 4,24. Pada uji coba kelompok kecil penilaian siswa mengenai kualitas multimedia adalah “sangat baik” dengan rerata skor 4,32. Berdasarkan hasil penilaian tersebut, produk ini layak digunakan dalam pembelajaran untuk mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan bagi siswa SMP kelas VII.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Other
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 25 Mar 2015 07:01
Last Modified: 29 Jan 2019 19:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14117

Actions (login required)

View Item View Item